Implementasi e-Learning di SD Negeri 05 Madiun Lor Berbasis Website

Andria Andria, Ridho Pamungkas, Silvy Ananta Dewi

Abstract


Penerapan teknologi di berbagai bidang kehidupan tentunya dapat memberikan kemudahan dan kecepatan dalam beragam aktivitas, tidak terkecuali di instansi pendidikan sekolah. Penerapan e-learning menjadi sangat diperlukan yang diantara manfaatnya dapat menunjang kegiatan pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan sistem informasi pembelajaran elektronik atau e-learning berbasis web di SD Negeri 05 Madiun Lor. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode Waterfall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-learning yang diterapkan di SD Negeri 05 Madiun Lor sesuai dengan kebutuhan sekolah, dimana guru dan siswa dapat berinteraksi secara daring dan terintegrasi dalam satu wadah atau platform sehingga manajemen data guru dan siswa serta aktifitas seperti unggah dan unduh materi, pembuatan tugas dan pengerjaannya serta data nilai dan tata kelola kegiatan pembelajaran tersebut menjadi terpusat. Terdapat beragam fitur seperti manajemen data pengguna, data materi, data tugas dan data nilai yang dapat memberikan kemudahan dalam pengelolaan maupun monitoring dan evaluasi sehingga implementasi e-learning tersebut dapat meningkatkan mutu pembelajaran.


Keywords


e-Learning, Informasi, Pembelajaran, Sistem, Website

Full Text:

PDF

References


I. Widiasanti, G. A. Nirvia, F. Y. Zahra, F. Hamidah, and B. Prasetyo, “IMPLEMENTASI KENDALA GURU DI ERA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM SISTEM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 8, no. 1, pp. 1301–1314, 2023.

A. Hasyim and N. A. Hayati, “Analisis Kemampuan Guru dalam Menggunakan E-Learning sebagai Media Pembelajaran di Era Digital,” Ideguru J. Karya Ilm. Guru, vol. 8, no. 2, pp. 297–303, 2023.

R. Haryadi and H. N. Al Kansaa, “Pengaruh media pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa,” At-Ta’lim J. Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 68–73, 2021.

S. Sati, D. Setiana, and A. N. Amelia, “Implementasi Pembelajaran E-Learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19,” J. Basicedu, vol. 6, no. 1, pp. 51–57, 2022.

A. A. Nugraha and U. Budiyanto, “Adaptive E-Learning System Berbasis Vark Learning Style dengan Klasifikasi Materi Pembelajaran Menggunakan K-NN (K-Nearest Neighbor),” Technomedia J., vol. 7, no. 2 October, pp. 248–261, 2022.

R. K. Andria; Setyansah, Implementasi e-learning berbasis web dan aplikasi Android dalam pendidikan, 1st ed. Madiun: UNIPMA Press, 2019. [Online]. Available: https://isbn.perpusnas.go.id/Account/SearchBuku?searchTxt=Implementasi+e-learning+berbasis+web+dan+aplikasi+Android+dalam+pendidikan&searchCat=Judul

Y. Rostiani and R. Juliana, “Perancangan Aplikasi Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Berbasis Web (STUDI KASUS PADA STMIK ROSMA),” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. Dan Komun., vol. 17, no. 1, pp. 26–34, 2022.

R. J. Hosting, “Cara Kerja Website dan Fungsinya yang Perlu Kamu Tahu,” Jagoan Hosting, 2022. https://www.jagoanhosting.com/blog/wp-content/uploads/2022/11/JH-cara-kerja-website.jpg

F. A, “Apa Itu Domain? Pengertian Domain dan Jenis-Jenisnya,” 2022. https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-domain/

Andria, Domain dan Hosting, 1st ed. Yogyakarta: Deepublish, 2018. [Online]. Available: https://isbn.perpusnas.go.id/Account/SearchBuku?searchTxt=Domain+dan+Hosting&searchCat=Judul

A. Andria, “Penerapan Sistem Informasi Monitoring Maintenance and Repair Hardware Di UPT Komputer Universitas PGRI Madiun,” Fountain Informatics J., vol. 7, no. 3, pp. 24–33, 2022.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi). Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604