Edukasi “Save Energy Save Money” pada Siswa SMK Cendekia

Ina Sunaryantiningsih, Irna Tri Yuniahastuti, Arizhal Firmansyah

Abstract


PkM ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya hemat energi kepada siswa SMK. Dalam era yang semakin berkembang, pemahaman tentang penggunaan energi yang efisien menjadi sangat penting. Studi ini menggunakan metode kampanye kesadaran melalui edukasi save energy save money serta demostrasi edukasi konversi energy dari tenaga surya menggunakan solarcell. PkM ini melibatkan siswa SMK Cendekia Madiun sebagai subjek yang akan menerima edukasi Save Energy Save Money. Hasil edukasi PkM menunjukkan bahwa edukasi Save Energy Save Money  sangat relevan dan penting untuk siswa SMK Cendekia Madiun. Siswa memiliki peran penting dalam mengurangi konsumsi energi yang tidak perlu dan menerapkan kebiasaan penggunaan energi yang efisien. Dalam konteks sebagai siswa sekolah, penting untuk memperkenalkan materi tentang hemat energi sebagai bagian dari pendidikan lingkungan dan keberlanjutan serta siswa dapat memahami betapa pentingnya menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari mereka. Terjadi 14.75 % peningkatan dalam Pemahaman edkasi Save energy save money dengan menggunakan pre-test dan Pos-test untuk mendapatkan nilai tingkat pemaham siswa. Dalam kesimpulannya, edukasi hemat energi bagi siswa SMK Cendekia Madiun adalah langkah penting dalam menciptakan generasi yang sadar energi dan menjadi agen perubahan save energydemi masa depan yang berkelanjutan.


Keywords


edukasi, energy, habits, campaign.

Full Text:

PDF

References


S. Susilo, E. M. Silalahi, B. Widodo, and B. Nadeak, “Sosialisasi Gaya Hidup Hemat Energi pada Rumah Sehat di masa Pandemi Covid-19 di Panti Karya HEPHATA HKBP Sumatera Utara,” J. Pengabdi. Masy. Manag., vol. 2, no. 2, pp. 78–83, 2021.

S. Kartika Ayu, “Analisi Konsumsi Energi dan Program Konservasi Energi ( Studi Kasus : Gedung Perkantoran dan Kompleks Perumahan TI ),” Sebatik, no. 30, pp. 41–51, 2017.

T. Di, R. W. Kel, C. Besar, and K. E. C. Jatinegara, “Pelatihan Penghematan Penggunaan Listrik Rumah,” vol. 2021, pp. 181–189, 2021.

P. Prasetyawan, A. Oktavia, U. A. Ramadhani, and L. Almasyuri, “Edukasi Hemat Energi dan Penerapan Teknologi IoT di SMP IT Al-Kholis Lampung Selatan,” vol. 1, no. 4, pp. 534–540, 2022.

D. N. N. Putri, A. P. Junfithrana, M. S. Widjaya, Y. K. Ningsih, and D. O. Anggriawa, “Perancangan dan Analisis Sistem Pemantauan Konservasi dan Efisiensi Energi Berbasis Internet of Things,” Jetri J. Ilm. Tek. Elektro, vol. 18, no. 2, pp. 119–134, 2021.

P. Harahap, I. Nofri, F. Arifin, and M. Zuhrizal Nasution, “Sosialisasi Penghematan dan Penggunaan Energi Listrik Pada Desa Kelambir Pantai Labu,” Journal.Umsu.Ac.Id, vol. 1, no. 1, pp. 235–242, 2019.

M. Rusdi, H. Hariyanto, and C. Cipto, “Sosialisasi Pemanfaatan Energi Terbarukan Dan Pelatihan Teknologi Tepat Guna Berbasis Solarcell Untuk Pelajar SMPIT Ibnu Sina Merauke,” J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 1, no. 3, pp. 79–84, 2021.

I. R. Juliana and I. Sunaryantiningsih, “Pemanfaatan Tenaga Surya Untuk Lampu Jalan Solar Cell di Kawasan Lab.Terpadu UNIPMA Sebagai Penerapan Matakuliah EBT Berbasis Proyek,” ELECTRA Electr. Eng. Artic., vol. 1, no. 2, p. 27, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604