Optimalisasi Teknologi Digital Pada Proses Pembelajaran Untuk Guru Sekolah Dasar Di Kota Madiun

Ridho Pamungkas, Hani Atun Mumtahana, Hendra Erik Rudyanto, Lingga Nico Pradana

Abstract


Pandemi COVID-19 telah mengubah sistem pembelajaran dari luar jaringan (LURING) menjadi dalam jaringan (DARING). Setiap sektor penyelenggaran pendidikan harus dapat melakukan penyesuaian peralihan metode pembelajaran yang harus dilakukan. Pada penelitian “Analisis kebutuhan e-learning berbasis Learning Management System (LMS) pada Sekolah Dasar Kota Madiun” telah menghasilkan data survey pemanfaatan Aplikasi Digital sebagai media pembelajaran. Dari hasil survey dengan responden guru dari 13 sekolah dasar negeri dan swasta di Kota Madiun menunjukkan media paling banyak digunakan pada proses pembelajaran adalah WA Group (Non-LMS) sebanyak 74 orang, sementara penggunaan LMS  oleh guru dan siswa tidak banyak digunakan karena tingkat pemahaman penggunaan LMS oleh guru dan siswa masih rendah. Pemahaman Literasi Digital yang dikuasi oleh Guru berpengaruh dengan usia produktif Guru. Sedangkan kemampuan literasi digital siswa sebanding dengan grade kelas siswa, semakin tinggi grade/kelas siswa maka semakin baik pula pemahaman literasi digitalnya. Sebagai implementasi hilirisasi kegiatan penelitian yang telah dilakukan, maka perlu adanya pendampingan untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital yang harus dimiliki Guru dan Siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu rekomendasi dari hasil pengolahan data dan analisa adalah melakukan pendampingan pada guru untuk meningkatkan kualitas dan mengoptimalkan penggunaan media digital dalam proses pembelajaran. Pendampingan pembelajaran dilaksanakan pada SDN Manisrejo 01 Kota Madiun, SDN 04 Madiun Lor dan SDN Pilangbango Kota Madiun. Selian itu dukungan dari pemerintah Kota Madiun melalui BAPPEDA Kota Madiun dan Dinas Pendidikan Kota Madiun sangat besar pada pelaksanaan kegiatan ini. Pendampingan dilakukan untuk mengoptimalkan pemanfaatan Google For Education (Google Meet dan Google Classroom) dengan menggunakan email institusi, penggunaan Pen Tablet dalam proses penyampaian materi ajar dan pemanfaatan Web Sekolah sebagai media penyampaian informasi. Hasil dari kegiatan tersebut dilakukan pengukuran pemahaman dari kegiatan pendampingan dengan hasil 83% kualitas penyampaian pembelajaran yang dimiliki oleh guru.

Keywords


Google For Education; Media Pembelajaran; Pen tablet; Web Profil;

Full Text:

PDF

References


N. Latifah and A. Supena, “Analisis Attention Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19,” J. Basicedu, vol. 5, no. 3, pp. 1175–1182, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i3.887.

L. D. Herliandry and M. E. Suban, “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Teknol. Pendidik., vol. 22, no. 1, pp. 65–70, 2020.

A. D. Wibowo, “Kemenkominfo Susun Survei Literasi Digital Indonesia 2021,” katadata.co.id, 2021. https://katadata.co.id/anshar/digital/617bc4bf0cf9e/kemenkominfo-susun-survei-literasi-digital-indonesia-2021.

Kholid, “Pentingnya Literasi Digital bagi Guru Pada Lembaga Pendidikan Tingkat Dasar dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Kegiatan Belajar Mengajar,” J. Horiz. Pendagogia, vol. 1, no. 1, pp. 22–27, 2020.

W. A. F. Dewi, “Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 55–61, 2020, doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89.

S. K. Mamluah and A. Maulidi, “Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 2, pp. 869–877, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i2.800.

F. Fadhilaturrahmi, R. Ananda, and S. Yolanda, “Persepsi Guru Sekolah Dasar terhadap Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid 19,” J. Basicedu, vol. 5, no. 3, pp. 1683–1688, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i3.1187.

D. Lase, A. Ndraha, and G. G. Harefa, “Persepsi Orangtua Siswa Sekolah Dasar di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19,” SUNDERMANN J. Ilm. Teol. Pendidikan, Sains, Hum. dan Kebud., vol. 13, no. 2, pp. 85–98, 2020, doi: 10.36588/sundermann.v13i2.46.

A. Anugrahana, “Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 10, no. 3, pp. 282–289, 2020, doi: 10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

P. R. Sari, N. B. Tusyantari, and M. Suswandari, “DAMPAK PEMBELAJARAN DARING BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SELAMA SELAMA COVID-19 Universitas Veteran Bangun Nusantara , Sukoharjo,” Prima Magistra J. Ilm. Kependidikan, vol. 2, no. 1, pp. 9–15, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604