Rancang Bangun Sistem Informasi Rekam Medis Rawat Jalan Pada Darussalam Medical Center (DMC)

Noor Cahyaningrum, Oddy Virgantara Putra, Anisa Dzulkarnain

Abstract


Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan pengolahan data rekam medis di Darussalam Medial Center (DMC) Universitas Darussalam Gontor Kampus Putri, diperlukan sebuah sistem informasi rekam medis yang modern dan memadai. Sistem rekam medis rawat jalan pada Darussalam Medical Center (DMC) ini digunakan untuk mengelola data rekam medis yaitu meliputi data pendaftaran dan data medis pasien. Pada saat ini, kegiatan seperti mengelola data pasien, data dokter, dan rekam medis pasien di Darussalam Medical Center masih dilakukan secara manual sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pencarian data pasien, dan juga rawan terkena virus karena penulisan seluruh data masih menggunakan Microsoft Office Excel. Maka dari itu, sangat diperlukan sistem penyimpanan database yang mudah dan layak untuk keamanan data. Sistem informasi rekam medis juga merupakan satu bentuk dari sistem informasi manajemen yang mana berperan penting dalam peningkatan mutu pelayanan Darussalam Medical Center dalam beberapa aspek dibidang kesehatan. Tujuan dari pembuatan sistem ini adalah untuk mempermudah admin staff, dan dokter dalam pengelolaan data pasien dan juga data rekam medis. Rancang Bangun Sistem Informasi Rekam Medis Rawat Jalan ini berbasis web dan menggunakan metode waterfall, sedangkan kerangka kerja yang digunakan pada perancangan sistem ini menggunakan php native dan database MySQL. Dengan adanya rancang bangun sistem ini, diharapkan dapat bermanfaat serta dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Darussalam Medical Center, sehingga untuk kedepannya dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

Keywords


Darussalam Medical Center; Medical records; Waterfall; Php Native

Full Text:

PDF

References


Perancangan, Difinisi, Sistem Perancangan, Model Sekuensial Linier, Waterfall Development, Model Model, Sekuensial Linier, Model Pengembangan, et al. “Perancangan SI,” n.d., 1–10.

Perdana, Aji Bagus, Arif Bijaksana Putra Negara, and M. Azhar Irwansyah. “Rekam Medis Berbasis Website (Strudi Kasus : Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Syarif Mohamad Aljadrie).” Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi 1, no. 1 (2016)..

Sutanto, Teguh, and Vivine Nurcahyawati. “Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Pasien Elektronik Terpusat (Studi Kasus : Kota Madya Denpasar).” Jurnal Sistem Informasi Dan Komputerisasi Akutansi (JSIKA) 1, no. 1 (2012): 1–8.

H. Rohman, “Sistem Retensi Berkas Rekam Medis Terintegrasi: Perancangan Sistem Informasi Berbasis Web Di Klinik Pratama,” J. Manaj. Inf. dan Adm. Kesehat., vol. 2, no. 02, 2019

Reza, “( Sp2Tp ) Dengan Extreme Programming Pada Kabupaten Brebes,” vol. VII, no. 01, pp. 34–50, 2012

H. Rizal, "Analisis PenyebabTidak Terlaksananya Retensi dan Pemusnahan Berkas Rekam Medisdi Rumah Sakit Umum Daerah Natuna," vo. 11, pp. 1-7, 2021.

Irfan F dan Atep R. (2018). Sistem Informasi Pendaftaran Dan Antrian Pasien Pada Klinik Dokter Menggunakan Komunikasi Data Internet. Jurnal Informatika. 12(2):83-91

S. Supardianto and A. B Wagiran, & Wisnawati. (2020). Perancangan Sistem Aplikasi Pendaftaran Rawat Jalan Di Puskesmas Tempunak Menggunakan Microsoft Access. Jurnal Perekam Medis Dan Informasi Kesehatan, 3(1), 14–19.

Wijaya, H. O. L. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Berbasis Web Mobile. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 6(2), 80. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v6i2.251


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604