Pengembangan Sistem Infaq Pada Koperasi Mahasiswa Universitas Darussalam Kampus Putri Dengan Pendekatan Delone And Mclean

Farah Hamidah Ahmad, Aziz Musthafa, Resi Utami Putri

Abstract


Pada era teknologi seperti saat ini yang zaman sudah semakin maju, banyak sekali segala sesuatu baik itu alat maupun sistem sudah menggunakan teknologi yang canggih. Dengan berkembangnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, dalam peran persaingan komersial di industri menjadi semakin ketat. Jumlah perusahaan terus bertambah dan mereka terus bekerja keras dan strategi mempertahankan usahanya itu tidak lepas dari perusahaan dalam mengelola data barang, sehingga dapat memenuhi permintaan dari pelanggan semaksimal mungkin. Sebagaimana yang kita ketahui Universitas Darussalam Gontor memiliki satu prinsip ekonomi yang dikembangkan yaitu ekonomi. Prinsip tersebut bertujuan untuk melindungi perputaran keuangan secara internal. Sehingga keuangan yang selalu berputar di dalam lingkungan kampus dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kampus itu sendiri. Untuk mewujudkan sistem ekonomi seperti ini pihak UNIDA Gontor mendirikan unit usaha yaitu Unit Usaha UNIDA (U3) salah satunya adalah Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Unida Kampus Putri, yang merupakan satu-satunya unit usaha unida kampus putri yang memilki sistem informasi IRS berupa kasir. Tujuan dari di kembangkan sistem infaq pada Kopma unida adalah dikarenakan terdapat masalah yaitu, untuk pendataan uang kembalian yang ingin disumbangakan ke Kopma Unida masih menggunakan cara manual. Pada penelitian ini pengembangan yang di gunakan menggunakan metode Waterfall. Kemudian untuk hasil dari penelitan ini berupa website yang dapat menyimpan data infaq yang masuk ke Kopma Unida.


Keywords


Delone and Mclean; Infaq; Kopma Unida; Waterfall

Full Text:

PDF

References


Abdurahman Muhdar, “Sistem Informasi Pengolahan Data Pembelian dan Penjualan Pada Toko Koloncucu Ternante”, Indonesian Journal on Information System, Vol 2, No 1 (2017).

Unida Gontor, “UNIDA Gontor Mendirikan Unit Usaha Unida dalam Kampus”, https://unida.gontor.ac.id/unida-gontor-mendirikan-unit-usaha-dalam-kampus/ , diakses pada 10 Januari 2021, pukul 9.47.

AMSOL SIM UMROH,”Apa Yang Dimaksud Dengan Integrated System” https://softwareumroh.com/pengetahuan-software/apa-yang-dimaksud-dengan-integrated-system, diakses pada 10 Januari 2021 pukul 8:55.

] Indah Purwandani, “Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Elearning Menggunakan EUCS dan Model Delone and McLean”, Indonesian Jurnal On Software Engineering, Vol xx, No. xx-xxxx, ijse.web.id

Yuliana, Kenti. “Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone Dan Mclean Untuk Evaluasi Sistem Informasi Pos Pada Pt. Pos Indonesia (Persero) Divisi Regional Vi Semarang.” Infokom No. II Th., no. II (2016): 13–23.

M Teguh Prihandoyo. “Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web.” Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT 3, no. 1 (2018): 126–29.

Pujo Hari Saputro, A. Djoko Budiyanto, Alb. Joko Santoso, “Model Delone and Mcelan untuk Mengukur Kesuksesan E-government Kota Pekalongan”, Jurnal Informatika, Vol.2, No. 1, Mei 2015

AMSOL SIM UMROH,”Apa Yang Dimaksud Dengan Integrated System” https://softwareumroh.com/pengetahuan-software/apa-yang-dimaksud-dengan-integrated-system, diakses pada 10 Januari 2021 pukul 8:55.

Hamim, Tohari. 2014. Analisis Serta Perancangan Sistem Informasi Melalui Pendekatan UML. Andi Offset , Yogyakarta

How To Tekno, “Metode Waterfall Menurut Para Ahli”, https://kumparan.com/how-to-tekno/metode-waterfall-menurut-para-ahli-begini-penjelasannya-1wkAk8ZnwXW,19 Oktober 2021, pukul 9:21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office :

Prosiding SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer)
Published by Universitas PGRI Madiun
Managed by Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun
Address Jl. Auri 14-16 Kota Madiun Kampus III Universitas PGRI Madiun 63118
Website http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/index
Email sendiko@unipma.ac.id

e-ISSN:  3025-4604