BENTUK INTERFERENSI BAHASA PADA OPINI SURAT KABAR JAWA POS EDISI NOVEMBER 2021

Novi Puspita Sari, Dwi Rohman Soleh, Dhika Puspitasari

Abstract


Penggunaan ragam bahasa dalam masyarakat menimbulkan sebuah penyimpangan ketentuan bahasa. Penyimpangan bahasa ini disebut interferensi. Interferensi dapat terjadi dalam bahasa lisan maupun tulis. Hal ini tidak luput dari penggunaan bahasa di media massa khususnya surat kabar atau koran. Berdasarkan hal itu, peneliti memilih objek penelitian dari bentuk media cetak surat kabar kolom Opini edisi November 2021 dalam media resmi Jawa Pos. Opini yang telah ditulis oleh pengarang mengandung beberapa interferensi bahasa, dimana dapat dianalisis menggunakan jenis-jenis interferensi. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bentuk interferensi dan faktor yang melatarbelakangi munculnya interferensi pada opini tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang ditemukan sebanyak 45 data dari 21 lembar opini yang telah dianalisis. 10 data berupa interferensi bahasa Jawa dan 35 data berupa interferensi bahasa Inggris. Dalam bahasa Jawa telah ditemukan interferensi penghilangan fonem konsonan, penambahan imbuhan gabungan, penggunaan afiks nasal dan penggunaan unsur –nya. Untuk bahasa Inggris telah ditemukan unsur penambahan fonem vokal /e/ dan pengaruh bahasa asing dalam bentuk kata dasar dan bentuk gabungan kata. Faktor yang ditemukan yaitu kedwibahasaan para peserta tutur, kebutuhan akan sinonim, prestise bahasa dan gaya bahasa dan terbawanya kebiasaan menggunakan bahasa ibu.


Keywords


Surat kabar, Opini, Interferensi

Full Text:

PDF

References


Andika, Y. (2018). Interferensi Bahasa Indonesia dalam Bahasa Jawa Dialek Banyumas Pada Ranah Keluarga di Purwokerto: Kajian Sosiolinguistik (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Aslinda, & Leni Syafyahya. (2010). Pengantar Sosiolinguitik. Bandung: Refika Aditama.

Chaer, Abdul. (2014). Liunguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Firmansyah, M. A. (2021). INTERFERENSI DAN INTEGRASI BAHASA. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 8(1), 46-59.

Moleong, Lexy J. (2014). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugraheni, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Uiversitas Bantara. ac. id. http://digilibfkip. univetbantara. ac. id/materi/Buku. pdf.

Pujiono, M. (2006). Interferensi Gramatikal dan Leksikal Bahasa Indonesia Terhadap Bahasa Jepang.

Purnasari, Natalia Kartika. (2018). Interferensi Gramatikal Dalam Komunikasi Nonformal Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia Tahuna Kaedmik 2013/2014 Universitas Santa Dharma Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidkan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma.

Sari, I. P., & Nasucha, Y. (2016). Analisis Interferensi Leksikal pada Wacana Koran Solo Pos April-Juni dan Implikasi dalam Pembelajaran (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).

Sumarsono. (2010). Sosiolinguistik. Sabda bekerjasama dengan Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.