ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA BAGIAN BERITA DI WEB RESMI UNIPMA PERIODE DESEMBER-APRIL 2022

Ulfi Mas Adah, Dwi Rohman Soleh, Dedy Richi Rizaldy

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesalahan penulisan kaidah kebahasaan pada bagian berita di web resmi UNIPMA yang tidak menggunakan bentuk ejaan yang baik dan benar. Penggunaan bahasa yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa yang baik dan benar, menyebabkan kesalahan berbahasa. Terdapat banyak kesalahan ejaan pada web resmi sebagai media informasi. Pada kesalahan ejaan tersebut dapat dianalisis berdasarkan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) yang terdiri dari penulisan kata, penggunaan huruf, dan penggunaan tanda baca. Secara khusus, penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kesalahan penulisan kata, penggunaan huruf, dan penggunaan tanda baca pada bagian berita di web resmi UNIPMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menjelaskan fenomena yang terjadi pada bagian berita di web resmi UNIPMA. Penelitian kualitatif ini memiliki sumber data primer dan sumber data sekunder yang diperoleh dengan menggunakan teknik simak catat pada berita di web resmi UNIPMA. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada 205 kesalahan ejaan pada bagian berita, yang meliputi 75 kesalahan penulisan kata, 74 kesalahan penggunaan huruf, dan 56 kesalahan penggunaan tanda baca.

 


Keywords


Analisis Kesalahan, Ejaan, Berita, Web

Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul. 2010. Bahasa Jurnalistik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Junus, Andi Muhammad dan Andi Fatimah Junus. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Kustiyahningsih, Yeni., Devie Rosa Anamisa. 2011. Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Markhamah dan Sabardila, A. (2014). Analisis Kesalahan Berbahasa dan Karakteristik Bentuk Pasif. Surakarta: UMS Press

Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka

Sibero, Alexander FK. 2013. Web Programming Power Pack. Yogyakarta: MediaKom.

Widiastuti. 2016. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Berita di Portal Berita Online Tribunnesw.com. Skripsi. Makassar. Fakultas

Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makassar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.