ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM TATARAN FONOLOGI PADA FILM MENDADAK KAYA KARYA ANGGY UMBARA

Nur Habib Tri Wahyono, Wahyuningsih Wahyuningsih, Eni Winarsih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesalahan pengucapan bunyi dari sebuah bahasa yang tidak sesuai dengan kaidah kebahasaan bahasa Indonesia pada film “Mendadak Kaya” karya Anggy Umbara. Kesalahan berbahasa tataran fonologi berupa perubahan, penghilangan dan penambahan fonem. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kesalahan berbahasa dalam tataran fonologi pada film “Mendadak Kaya” karya Anggy Umbara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini, yaitu data primer dan sekunder. Data primer berupa tuturan dialog antar tokoh dalam film “Mendadak Kaya” karya Anggy Umbara. Data sekunder berupa buku dan karya ilmiah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak catat. Validitas data menggunakan triangulasi teori. Analisis data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan data kesalahan, mengidentifikasi data kesalahan, mengelompokkan data kesalahan, menjelaskan data kesalahan, mengevaluasi data kesalahan. Hasil dari penelitian menunjukkan total kesalahan berbahasa tataran fonologi sebanyak 196 data yang ditemukan. Kesalahan tersebut meliputi kesalahan perubahan fonem terbagi menjadi 16 kategori dengan 129 data, penghilangan fonem terbagi menjadi 11 kategori dengan 58 data, dan penambahan fonem terbagi menjadi 5 kategori dengan 9 data.


Keywords


Kesalahan Berbahasa, Tataran Fonologi, Film

Full Text:

PDF

References


Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2016). KBBI Daring.

R. Mantasiah & Yusri. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa (Sebuah Pendekatan Dalam Pengajaran Bahasa). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Samsu, S. (2017). METODE PENELITIAN:(TERI DAN APLIKASI PENELITIAN

KUALITATIF, KUANTITATIF, MIXED METHODS, SERTA RESEARCH & DEVELOPMENT). PUSAKA JAMBI.

Sari, K., Nurcahyo, R. J., & Kartini. (2019). ANALISISKESALAHAN BERBAHASA PADA MAJALAH TOGA EDISI III BULAN DESEMBER TAHUN

Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 11-23.

Setiawan, K. E. P., & Zyuliantina, W. (2020). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada status dan komentar di facebook. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(1), 96-109.Setyawati, N. (2010). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia: teori dan praktik. Yuma Pustaka.

Tarigan, H. G. & Tarigan, D. (2021). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Titian Ilmu.

Wahyuningsih, S. (2019). Film Dan Dakwah: Memahami Representasi Pesan-Pesan Dakwah Dalam Film Melalui Analisis Semiotik. MEDIA SAHABAT CENDEKIA.

Yendra. (2018). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: CV Budi Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.