PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SELAMA PANDEMI KELAS IX SMPN 01 GEGER MADIUN 2020/2021

Ahmad Ainul Fikhron, Muhammad Binur Huda, Dwi Rohman Sholeh

Abstract


Ahmad Ainul Fikhron. 2021. Problematika Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Selama Pandemi Kelas IX SMPN 01 Geger Madiun 2020/2021. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas PGRI Madiun. Program Sarjana S.1. Pembimbing (I) Dr. Dwi Rohman Soleh, S.S., M.Pd., (II) Muhammad Binur Huda, S.Pd., M.Pd.Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan bentuk problematika pembelajaran daring mata pelajaran Bahasa Indonesia selama pandemi pada kelas IX siswa SMPN 01 Geger Madiun tahun pelajaran 2020/2021 (2) Mendeskripsikan bentuk solusi dari problematika pembelajaran daring mata pelajaran Bahasa Indonesia selama pandemipada kelas IX siswa SMPN 01 Geger Madiun tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif yang merupakan metode penelitian dengan keadaan lapangan sesungguhnya sebagai sesuatu yang utuh. Pembelajaran bahasa Indonesi secara daring selama pandemi ini memunculkan problematika selama proses pelaksanaannya, kendala tersebut antara lain (1) Fasilitas yang kurang menunjang (2) Kesulitan dalam mengakses jaringan internet (3) Ketiadaan kuota (4) Kondisi lingkungan belajar siswa yang kurang kondusif (5) Kesulitan dalam memahami materi yang diberikan oleh guru (6) Siswa merasa bosan dan suntuk (7) Ketidaksiapan guru dalam menghadapi pembelajaran daring. Beberapa solusi dalam memecahkan problematika pembelajaran daring bahasa Indonesia bagi guru dan siswa yaitu diantaranya (1) meningkatkan kompetensi dan kemampuan guru dalam menguasai IT (2) Penggunaan metode pembelajaran yang tepat (3) Solusi dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ialah dengan mmeberikan bantuan kuota gratis bagi siswa, mahasiswa, guru dan dosen (4) Menjaga komunikasi dan kerja sama antara guru, siswa dan orang tua siswa dalam memantau proses belajar siswa.


Keywords


problematika pembelajaran, pembelajaran daring, solusi problematika pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References


Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

D. Dwiyogo, W. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. PT RajaGrafindo Persada.

Darmawan, D. (2014). Pengembangan E-learning Teori dan Desain. PT Remaja Rosdakarya.

Edi Saputra. (2016). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Ihya’ AL-Arabiyah, 6(2), 243–254.

Ernawati, Y. (2020). Problematik Pembelajaran Daring Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 13(1), 01–15. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v13i1.1029

Fatmawati, U. (2020). Pemahaman covid-19 dan dampaknya terhadap proses pembelajaran daring selama pandemi bagi mahasiswa Prodi Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains …. … Nasional Fakultas Ilmu Kesehatan Dan Sains, 1(1), 48–66. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENFIKS/article/view/1672

Fattah, N. (2012). Analisis Kebijakan Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Guswanti, M., & Satria, R. (2021). Problematika Pembelajaran Dalam Problematika Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 4 Pariaman. An-Nuha, 1(2), 116–124. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i2.43

Ihwanah, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Pada Era Pandemi Covid-19. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(2), 44–51. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i2.15

Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Daring dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Genta Mulia, XII(1), 281–294.

Pardomuan N.J.M. Sinambela, M. P. (2008). Faktor-Faktor Penentu Keefektifan Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction). Jurnal Generasi Kampus, 1(2), 74–85.

Puspidalia, Y. S. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Mi/Sd Dan Alternatif Pemecahannya. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(1), 121. https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i1.406

Rahayu, A. D., & Haq, M. S. (2020). Sarana Dan Prasarana Dalam Mendukung Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(1), 186–199.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Penerbit Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.