STRUKTUR, MAKNA DAN FUNGSI ASAL USUL NAMA DESA SELOPANGGUNG DI KECAMATAN NGARIBOYO KABUPATEN MAGETAN

Monic Puji Lestari, Dwi Rohman Soleh, Yunita Furinawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur, makna dan fungsi asal usul nama desa Selopanggung di kecamatan Ngariboyo kabupaten Magetan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian sastra lisan dengan pendekatan metode etnografi. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, perekaman, transkrip, translate dan disertai dengan dokumentasi pada masyarakat desa Selopanggung. Hasil penelitian ini ditemukan struktur naratif ala Maranda dengan 16 terem 7 fungsi, 18 makna dan 4 fungsi pada teori Wiliiam R. Bascom.


Keywords


Struktur, Makna, Fungsi, dan Asal Usul

Full Text:

PDF

References


Endrawarsa, Suwardi. 2013. Metode Penelitian Sastra: Epistemologi Model Teori dan Aplikasi. Yogyakarta.PT. Buku Seru.

Endrawarsa, Suwardi. 2009. Metode Penelitian Folkfor: Konsep Teori danAplikasi.Yogyakarta: Media Pressindo.

Khuljannah, Mifta, dkk. 2020. “Struktur Naratif Legenda Candi Pari dan Candi Sumur di Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo”. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah dan Asing. Volume 3 Nomor. 1. Dalam https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SIBISA/article/view/822 diunduh 15 Juni 2021.

Puspitasari, Yulia. 2010. “Struktur Cerita dan Nilai Kepatuhan Masyarakat Desa Somawangi Kabupaten Banjarnegara Dalam Narasi Cerita Rakyat Raden Somawangi. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni.Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Spradley, James. 2006. Metode Etnografi. Yogyakarta. Tiara Wacana

Sulistyorini, Dwi dan Eggy Fajar Andalas. 2017. Sastra Lisan: Kajian Teori dan Penerapannya dalam Penelitian. Malang. Madani.

Sudikan, Setya Yuwana. 2001. Metode Penelitian Sastra Lisan. Surabaya. Citra Wacana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.