ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN SINTAKSISDALAM TEKS CERITA PENDEK (CERPEN)KARYA PESERTA DIDIK KELAS IX A SMPN 13 MADIUN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Dinda Mayang Saputri, V.Teguh Suharto, Dedy Richi Rizaldy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan sintaksis yang meliputi: (1) kesalahan frasa pada teks cerita pendek (cerpen) karya peserta didik kelas IXA SMP Negeri 13 Madiun, (2) ) kesalahan kalimat pada teks cerita pendek (cerpen) karya peserta didik kelas IXA SMP Negeri 13 Madiun. Lokasi dalam penelitian ini adalah di SMPN 13 Madiun. Subjek dari penelitian ini adalah teks cerita pendek karya peserta didik kelas IXA SMPN 13 Madiun, sebanyak 32 cerpen. Objek kajian penelitian ini adalah kalimat yang didalamnya mengandung kesalahan sintaksis. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan metode content analysis dimana teknik ini memiliki langkah untuk memperoleh keterangan dari isi teks. Instrumen utama dari penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument), yaitu sebagai instrument kunci. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi teori. Hasil penelitian kesalahan sintaksis pada teks cerita pendek karya peserta didik kelas IXA SMPN 13 Madiun tahun pelajaran 2021/2022 ditemukan dua bentuk kesalahan: Pertama kesalahan penggunaan frasa. Ditemukan 6 faktor penyebab kesalahan penggunaan frasa yaitu kesalahan penggunaan susunan kata yang tidak tepat, penggunaan unsur yang berlebihan (mubazir), penggunaan preposisi yang tidak tepat, penggunaan bentuk superlatif yang berlebihan, penjamakan ganda, dan adanya pengaruh bahasa daerah. Kedua, kesalahan penggunaan kalimat,  ditemukan 4 faktor penyebab kesalahan yaitu penggunaan istilah asing, kalimat yang tidak logis, kalimat yang ambiguitas, kalimat tidak bersubjek dan tidak berpredikat (kalimat buntung)


Keywords


Kesalahan Berbahasa, Sintaksis, Teks Cerita Pendek, Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Eriyanto. (2011). Analisis Isi. Jakarta: Kencana

Khulsum Umi, Yusak Hadiyono, Endang Dwi S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. Diglosia.1(1). 1-12

Mantasiah R dan Yusri. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa (Sebuah Pendekatan dalam Pengajaran Bahasa). Daerah Istimewa Yogyakarta: Deepublish

Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Pramudita, Indriana Ayu, V. Teguh Suharto, Emi Andriani Meikayati. (2020). Analisis Kesalahan Sintaksis Pada Teks Negosiasi. Widyabastra. 09(2). 15-25

Puspitasari, Anggun Citra Dini Dwi. (2017). Hubungan Kemampuan Berfikir Kreatif dengan Kemampuan Menulis Cerpen. Jurnal SAP. 1(3), 249-258

Rizaldy, Dedy Richi. (2016). Penggunaan Bahasa Alay (Gaul) dalam Bahasa Tulis pada Jejaring Sosial Internet. Prosiding seminar Nasional dan Call for paper ke-2 “Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN”. Ngawi: STKIP PGRI Madiun.

Setyawati, Nanik. (2010). Analisis Kesalahan BerBahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yumna Pustaka

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta

Suhardi. (2013). Dasar-Dasar Ilmu Sintaksis Bahasa Indonesia. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Suharto, V Teguh, dan Nur Syamsiyah (2020). Implementasi Pendidikan Karakter dan Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Inklusi Kota Madiun. BAHASTRA. 40(2), 153-154

Tarigan, Henry Guntur dan Tarigan Djago. (2021). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Titian Ilmu

Thahar, Harris Effendi. (2021). Kiat Menulis Cerita Pendek. Bandung: Angkasa

Yusuf Yusri, dkk. (2017). Keterampilan Menulis-Pengantar Pencapaian Keterampilan Epistemik. Banda Aceh: Syah Kuala University Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.