PEMEROLEHAN FONOLOGI DAN LEKSIKON TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 3.5-4.5 TAHUN DI PAUD TAMAN POSYANDU PELITA HATI MAGETAN: KAJIAN PSIKOLINGUISTIK

Lia Ahadiani, Wahyuningsih Wahyuningsih, Dhika Puspitasari

Abstract


Pemerolehan fonologi dan leksikon pada anak usia 3.5-4.5 tahun di Paud Taman Posyandu Pelita Hati. Penelitian  ini  memiliki  tiga  tujuan  yaitu  mendeskripsikan pemerolehan fonologi, leksikon, dan perkembangan bahasa pada anak usia 3.5-4.5 tahun. Penelitian ini dilakukan terhadap anak usia 3.5-4.5 tahun yang berjumlah 3 anak bernama Adin, Alesha, dan Fadil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen untuk mendapatkan data  pemerolehan fonologi  dan leksikon menggunakan instrumen pedoman pengamatan, sedangkan untuk mengambil data perkembangan bahasa menggunakan instrumen lembar wawancara untuk guru serta orang tua subjek yang bersangkutan.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi data dengan dengan melihat dokumen, hasil  wawancara  maupun  hasil  observasi  yang dilakukan oleh peneliti dalam kasus tertentu. Hasil penelitian terhadap tiga subjek tersebut menghasilkan perbedaan dalam pemerolehan fonologi dan leksikonnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Subjek bernama Adin menghasilkan 155 kata, belum ditemukan pengucapan huruf pada /q/, /r/, dan /x/. (2)  Subjek bernama Alesha menghasilkan 169 kata, belum ditemukan pengucapan huruf  /q/ dan /x/.  (3)  Subjek bernama Fadil menghasilkan 99 kata, yang belum ditemukan pengucapan huruf /q/, /r/, /v/, /x/, dan /z/. (4) Pemerolehan leksikon dalam beberapa kelas kata seperti kata benda, kata kerja, kata sifat, kata keterangan, kata bilangan, dan kata ganti. (5) Perkembangan bahasa pada anak usia 3.5-4.5  tahun  terjadi pada konteks lingkungan keluarga dan sekolah.


Keywords


Fonologi;leksikon;bahasa anak

Full Text:

PDF

References


Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni,

I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. 5(2); 73-84.

Apriani, T., Santoso, A. B., & Puspitasari,

D. (2019). Agus Budi Santoso, Dhika Puspitasari. Pemerolehan Fonologi Pada Anak Usia 3.6 Tahun: Kajian Psikolinguistik. Widyabastra. 7(1).

Batubara, H. Proses Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak. Jurnal Bahasa. 10(4);164-173.

Chaer, A. (2013). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: Rineke Cipta.

Dardjowidjojo. (2000). ECHA-Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: PT Grasindo.

Diari, K. P. Y., & Sunaryana, I. M. (2020). Perbandingan Kemampuan Anak Usia 3 Tahun Dalam Penguasaan Bahasa Bali Sebagai Sarana Komunikasi (Kajian Psikolinguistik). Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya. 4(2);1-9.

Eriyanti, R. W., Syariffudin, K. T., Datoh, K., & Yuliana, E. (2020). Linguistik Umum. Ponorogo: Penerbit Uwais Inspirasi Indonesia.

Firdaus, N. M., Utami, S., & Huda, N. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 03-05 Tahun di RT 02 Desa Tambak Oso Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Widyabastra. 8(2);110-119.

Hadi, S., Rijal, S., & Hanum, I. S. (2019). Pemerolehan Bahasa Kedua Pada Siswa Kelas III SDN 011 Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara: Kajian nPsikolinguistik. Jurnal Ilmu Budaya. 3(3).

Karimah, I., & Komalasari, D. (2019). Literasi Pemerolehan Bahasa Kedua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus di TK ABA 45 Lamongan). PAUD Teratai. 8(1);1-5Moleong, J.L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Muhibullah, M., Nur, M. S., Wahyuni, A., Winararningsih, U., & Wahyuningsih, R. (2021). Pendidikan Anak Prasekolah. Edu Publisher.

Rizki, E. L. (2022). Analisis Pemerolehan Bahasa Keseharian Pada Anak: Sebuah Kajian Psikolinguistik. Universitas Diponegoro.

Wulandari, D. I. (2018). Pemerolehan Bahasa Indonesia Anak Usia 3-5 Tahun Di PAUD Lestari Desa Blimbing Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.