INTERFERENSI BAHASA OLEH KOMENTATOR DI FINAL MOBILE LEGENDS PROFESSIONAL LEAGUE (MPL) SEASON 8 : KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

Umi Khuzzaimah, Wahyuningsih Wahyuningsih, Dhika Puspitasari

Abstract


Kontak bahasa pada seorang bilingualisme dapat menimbulkan kesalahan berbahasa, salah satunya adalah interferensi. Interferensi sulit dihindari termasuk dalam sebuah turnamen e-sport dimana komentatornya memilih untuk menggunakan lebih dari satu bahasa agar tercipta kesan santai dan komunikatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk interferensi dan faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya interferensi tersebut. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data primer berasal dari tuturan ketiga komentator MPL season 8, yakni Kornet, Om Wawa, dan Ranger Emas yang mengandung interferensi dan dapat diakses melalui saluran YouTube MPL Indonesia. Sumber data sekunder penelitian berupa buku, jurnal, dan skripsi yang relevan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap (SBLC). Teknik analisis data terbagi menjadi tiga tahap, yakni reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah ditemukan sebanyak 215 data interferensi yang diperoleh dari tuturan komentator. Data interferensi ditemukan dalam berbagai bahasa, yakni bahasa Inggris, bahasa Jawa, dan bahasa Betawi. Bentuk interferensi bahasa yang ditemukan ada empat, yaitu interferensi fonologi, interferensi morfologi, interferensi sintaksis, dan interferensi leksikal. Ditemukan empat faktor yang melatarbelakangi terjadinya interferensi bahasa pada komentator, yakni kedwibahasaan peserta tutur, kebutuhan akan sinonim, prestise bahasa sumber dan gaya bahasa, dan terbawanya kebiasaan dalam bahasa ibu


Keywords


Interferensi; Mobile Legend; Komentator

Full Text:

PDF

References


Agustia, K.T.S. (2017). Interferensi Bahasa Indonesia Terhadap Pemakaian Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. LITERA: Jurnal Litera Bahasa Dan Sastra, 3(1).

Bachri, B.S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46-62.

Budi, E.S., & Farida, Y.E. (2017). Gaya Bahasa Komentator Sepak Bola dalam Acara AFF U 18 Di Stasiun Televisi Indosiar. Edulingua: Jurnal Linguistiks Terapan dan Pendidikan Bahasa Inggris, 4(2).

Chaer, A. & Agustina, L. (2014). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewanta, A.A.N.B.J. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 79-85.

Habiburrohman, M. & Suyanto. (2019). Teknik Dan Fungsi Humor Dalam Komentator Sepak Bola Valentino Simanjuntak (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Hakim, L. N. (2020). Penggunaan Istilah Permainan Pada Pertandingan Final Mobile Legends Professional League Indonesia Season 5 Oleh Komentator: Kajian Semantik (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Irianto, H.H., Ngalim MM, P., & Nasucha, Y. (2018). Interferensi Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Batik 2 Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Kartikasari, R.D. (2019). Penggunaan Bilingualisme Pada Masyarakat yang Berwirausaha. Pena Literasi, 2(1), 47-54.

Mustikawati, D.A. (2013). Interferensi Bahasa Indonesia ke dalam Pemakaian Bahasa Inggris Wacana Tulis Siswa di RSMPBI 1 Jetis Ponorogo. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 105-115.

Prihartono, A.W. (2016). Surat Kabar & Konvergensi Media (Studi Deskriptif Kualitatif Model Konvergensi Media Pada Solopos). Jurnal Channel, 4(1), 105-106.

Prihatiningsih, E. (2012). Interferensi Gramatikal bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia pada Karangan Siswa Kelas VII SMPN 2 Bambanglipuro Bantul Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Yogyakarta).

Rosyidi, A.Z., & Suparlan, S. (2021). Register Bahasa Komentator Mobile Legends Dalam Turnamen MPL Season 5. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 174-182.

Sekartaji, N.D. (2013). Interferensi Bahasa Indonesia Dalam Bahasa Jawa Pada Album Campursari Tresna Kutha Bayu (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Yogyakarta).

Walidah, L. (2019). Interferensi Bahasa Dalam Acara “Ini Talk Show” NET TV Edisi Maret 2019. Skripsi tidak diterbitkan. Madiun : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Wijana, I.D.P. (2019). Pengantar Sosiolinguistik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Yanti, F., & Anggraini, N. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Monopoly Game Smart Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Sejarah Kelas X Di SMA Negeri 14 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015. HISTORIA: Journal of Historical Education Study Program, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.