PEMANFATAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN APRESIASI KARYA TULIS UNGGULAN KELAS XI SMK NEGERI 5 MADIUN

Merliya Indria Junita, Bambang Eko Hari Cahyono, Asri Musandi Waraulia

Abstract


Sebagai manusia yang berinteraksi dengan lingkungan tentu banyak hal yang dilihat di sekitar untuk membuat berbagai hal berkembang menjadi lebih baik. Oleh karena itu, dengan  ini peneliti mencoba membuat sosial media menjadi media baru untuk kegitan belajar selain untuk mempermudah pendidik dalam mengajar, penelitian ini juga bertujuan untuk mengalihkan peserta didik dalam menggunakan Instagram untuk hal yang lebih bermanfaat hal ini sebagai bentuk pengembangan manfaat sosial media bagi pelajar. Dengan penelitian ini, dipaparkan perencanaan pembelajaran menggunakan aplikasi Instagram, cara penggunaannya di kalangan para pelajar dan sistematika penilaian yang digunakan pendidik untuk kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan kepada 46 peserta didik di kelas XI SMK Negeri 5 Madiun. Penelitian ini akan menghasilkan media pembelajaran baru menggunakan Instagram yang dapat digunakan di dalam kelas maupun di luar kelas dengan sistematika baru dalam kegiatan pembelajaran.


Keywords


Media Pembelajaran; Instagram; Apresiasi Karya

Full Text:

PDF

References


Hasbullah. (2017). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Raja Grafindo Persada.

Syukur, Fatah. (2008). Teknologi Pendidikan. Semarang: RaSAIL Media Group.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitaf, Kualintatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Setiadi, Ahmad. (2022). ”Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi”. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/download/1283/1055#:~:text=2.1.1.&text=Van%20Dijk%20dalam%20Nasrullah%20. Diakses pada 12 April 2022.

Wahyu, Sugioto Drajat. (2019). ”Analisis Pengaruh Harga Strategi Promosi Melalui Media Sosial dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sakola Secara Daring di Daerah Istimewa Yogyakarta”. http://eprints.uad.ac.id. Diakses pada 15 April 2022.

Marcubuana Yogya. (2020). “Landasan Teori yang menjadi Acuan”. http://eprints.mercubuana- yogya.ac.id. Diakses pada 17 April 2022.

R, Aziz, Veygid. (2020). “Analisis Fitur Dalam Aplikasi Unstagram Sebagai Media Pembelajaran Online Mata Pelajaran Biologi Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas”. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/download/ . Diakses pada 17 April 2022.

Juariah, Irwandani. (2016). “Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram Sebagai Alteratif Pembelajaran”.https://scholar.google.com. Diakses pada 18 April 2022.

Muhson, Ali. (2010). ”Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi”. https://scholar.google.com. Diakses pada 18 April 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.