Profil Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Fisika Dalam Menyelesaikan Masalah Gelombang Elektromagnetik

Nurma Mutiara Zahra, Tantri Mayasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis mahasiswa pendidikan fisika dalam menyelesaikan masalah gelombang elektromagnetik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek penelitian ini ialah delapan mahasiswa pendidikan fisika semester VI dan diambil secara acak. Sedangkan, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tulis uraian. Data hasil dari penelitian dianalisis datanya dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah

 

(1)      Dua mahasiswa pendidikan fisika menyelesaikan masalah gelombang elektromagnetik dengan cukup baik. (2) Enam mahasiswa pendidikan fisika menyelesaikan masalah gelombang elektromagnetik kurang baik. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa mahasiswa pendidikan fisika belum memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik dalam menyelesaikan masalah gelombang elektromagnetik.


Keywords


Profil, Kemampuan Berpikir Kritis, Gelombang Elektromagnetik

Full Text:

PDF

References


Ennis, R. (1987). A Conception of Critical Thinking with some Curriculum Suggestion.

APA Newsletter, 1-5.

Zulaiha, R. (2008). Analisis Soal Secara Manual. Jakarta: PUSPENDIK.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.