Pengembangan Media Pembelajaran Congklak Dilengkapi Kartu Soal Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP

Nabilah Nur Ikhlas, Purwandari Purwandari, mislan sasono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran congklak dilengkapi kartu soal untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Subjek penelitian ini, siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sawoo yang berjumlah 5 siswa pada uji kelas kecil. Objek penelitian ini yaitu mata pelajaran fisika . Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil respon siswa uji kelas kecil terhadap media pembelajaran Congklak Dilengkapi Kartu Soal menunjukkan 81,33% dengan kriteria sangat baik. Tingkat keberhasilan kemampuan berpikir kritis siswa posttest mencapai 78% dengan kriteria kritis. Hal ini berarti pengembangan media pembelajaran Congklak Dilengkapi Kartu dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sawoo pada mata pelajaran fisika

Keywords


Pengembangan Media, Berpikir Kritis, Congklak, Pelajaran Fisika.

Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nusa Putra. 2012. Research & development penelitian dan pengembangan: Suatupengantar. Jakarta: Rajawali Pers

Yuntawati. (2014).Pengembangan Media Congklak Pada Mata Pelajaran MatematikaMateri Pokok Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Kelas Iii Sdn 7 Pemenang Barat. Disertasi. Universitas IKIP Mataram.

a b "Defining Critical Thinking". www.criticalthinking.org (dalam bahasa Inggris).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.