Konflik Kognitif Pada Konsep Elektronika Dasar I

Erawan Kurniadi, Farida Huriawati

Abstract


Konflik kognitif dapat dikatakan sebagai pertentangan dalam pikiran saat memahami sesuatu. Tidak yakin/ragu, bingung, merasa aneh/ganjil, menyadari kontradiksi saat proses memahami suatu konsep merupakan tanda-tanda telah terjadi konflik kognitif. Kondisi-kondisi tersebut wajar, bahkan menjadi hal yang positif dalam membangun pengetahuan. Jika direspon dengan benar, konflik kognitif yang telah diakhiri atau terselesaikan dengan baik akan menghasilkan pemahaman yang mapan/mantap dan benar. Tulisan ini menyajikan beberapa materi/konsep dalam elektronika dasar I yang diprediksi berpeluang menimbulkan konflik kognitif. Hasil penyajian ini sangat berguna sebagai acuan untuk menentukan strategi scaffolding dalam mengakhiri konflik kognitif yang mungkin terjadi pada mahasiswa saat pembelajaran elektronika dasar I.

Keywords


konflik kognitif; elektronika dasar I; scaffolding

Full Text:

PDF

References


Anghileri, A. 2006. Scaffolding Practices that Enhance Mathematics Learning. Journal of Mathematics Teacher Education, vol. 9, pp. 33–52. (online pada http://www.springerlink.com/content/x7573668m4228781/fulltext.pdf, diakses tanggal 20 Juli 2018).

Damon, W.,& Killen, M. (1982). Peer interaction and the process of change in children’s moral reasoning. Merrill-Palmer Quartely, 28, 347-367.

Kurniadi, 2016. Pemahaman Konsep Elektronika Pada Pokok Bahasan Fisika Semikonduktor Menggunakan ICT. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika II, ISSN: 2527-6670. (online pada http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/snpf/article/view/915/825 diakses pada 18 Juli 2018).

Kurniasih A.W. 2012. Scaffolding sebagai Alternatif Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Kreano, Volume 3 Nomor 2, ISSN: 2086-

(online pada https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/download/2871/2971 diakses pada 15 Juli 2018).

Kwon J, Lee,G, 2001. What Do We Know About Students’ Cognitive Conflict in Science Classroom: a Theoreticial Model of Cognitive Conflict Process, diakses dari https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED472903.pdf pada tanggal 15 Juli 2018.

Malvino, 1986. Aproksimasi Rangkaian Semikonduktor: Pengantar Transistor dan Rangkaian Terpadu. Terjemahan, Erlangga, Jakarta.

Sukmadinata, Nana Syaodih, 2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung:

Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.