Perspektif Mahasiswa dalam mengimplementasikan Teknologi digital (Artifical inteligence dan Software Simulasi)

Jeffry Handhika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap perspektif mahasiswa dalam mengimplementasikan teknologi digital. Teknologi digital mencakup penggunaan paltform digital (mesin pencari (google), youtube, rtifical inteligence dan Software Simulasi). Dalam penelitian ini dideskripsikan (1) cara mahasiswa memahami sumber belajar, (2) menyelesaikan masalah, (3) dan perspektif mahasiswa dalam menggunakan AI dan software simulasi dalam pembelajaran fisika. Mahasiswa sudah terbiasa menggunakan teknologi digital, dalam hal ini mesin pencari google dan youtube, namun belum memanfaatkan AI dan software simulasi. Mahasiswa diberikan kebebasan menggunakan aplikasi AI yang dikuasi, untuk software simulasi disesuaikan dengan karakterstik topik. Topik materi yang dikaji adalah rangkaian listrik DC, software yang digunakan adalah PROTO-berbasis android. Hasil survey dan pertanyaan terbuka kepada mahasiswa program studi pendidikan fisika semester IV di salah satu pergurun tinggi swasta, Indonesia memberikan informasi bahwa penggunaan AI dan software simulasi mendukung dan bermanfaat dalam perkuliahan. Pembiasaan penggunaan AI dan software simulasi perlu terus dilakukan, mengingat mahasiswa masih mengalami kendala dalam menerapkannya.


Keywords


Perspektif, Teknologi Digital; Artifical intelligence; Software simulasi

Full Text:

PDF

References


Aina, J. K., Ogundele, A. G., & Olanipekun, S. S. (2013). Students ’ Proficiency in English Language Relationship with Academic Performance in Science and Technical Education. 1(9), 355–358. https://doi.org/10.12691/education-1-9-2

Amelia, R., Negara, R. ., Minarto, B., Manurung, T. ., & Akbar, M. (2022). Status Literasi Digital di Indonesia 2022. In Katadata Insight Center. https://survei.literasidigital.id/

Arisanti, I., Kasim, M., Mardikawati, B., & Murthada, M. (2024). Peran Aplikasi Artificial Intelligences Ai Dalam Mengembangkan Dan Meningkatkan Kompetensi Profesional Dan Kreatifitas Pendidik Di Era Cybernetics 4.0. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5195–5205.

Firdaus, M. R., Irawan, R. R., Mahardika, C. H. Y., Gaol, P. L., & Prinaryanto, B. A. (2024). Tantangan Teknologi Artificial Intelligence pada Kegiatan Pembelajaran Mahasiswa. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 379–384. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1781

Heriyanto, H. (2020). Preferensi penggunaan sumber informasi oleh mahasiswa dalam menyelesaikan tugas kuliah. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 8(1), 35–48. https://doi.org/10.24198/jkip.v8i1.23440

Ramadiani, Y., Agusmelda, R., & Betania, S. (2023). Peran Teknologi AI Terhadap Kreatifitas Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tugas Akhir. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 9(2), 126. https://doi.org/10.17977/um031v9i22023p126-130

Samosir, H., Nyeneng, I., & Suana, W. (2014). Pengaruh Kemampuan Bahasa Inggris terhadap Hasil Belajar Fisika menggunakan Model Inkuiri. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(6), 63–77.

Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248

Wyman, O., Wang, C., Zhang, M., Sesunan, A., & Yolanda, L. (2023). Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan di Indonesia. In Kemdikbud


Refbacks

  • There are currently no refbacks.