Analysis of Students' Creative Thinking Levels in Physics Learning

Zahira Ula Azkia, Adam Malik

Abstract


Pembelajaran fisika harus memberikan penekanan yang kuat pada pengertian-pengertian yang didasarkan pada hakikat ilmu pengetahuan, yang meliputi pengetahuan tentang metode, produk, dan sikap ilmiah. Memecahkan masalah adalah salah satu cara dalam pembelajaran fisika yang dapat mengasah kemampuan berpikir kreatifnya. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat berpikir kreatif peserta didik kelas XI IPA di SMA Bina Negara 1 Baleendah pada materi usaha dan energi dalam pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif semi kualitatif, dengan pengumpulan data melalui tes kognitif dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif peserta didik berada pada level rendah, yang menuntut perubahan dalam proses pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.


Keywords


Fisika, Kreatif, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ananda, P. N., Asrizal, A., & Usmeldi, U. (2021). Pengaruh Penerapan PjBL terhadap Keterampilan Berfikir Kritis dan Kreatif Fisika: Meta Analisis. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 14(2), 127–137. https://doi.org/10.37729/radiasi.v14i2.1277

Ani Nurjannah, Maharani Oktavia, P. A. (2023). PENERAPAN MODEL READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE (RADEC) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09, 447–455.

Budiasih, N. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning-Predict Observe Explain Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Mipa Di …. Undiksha. https://repo.undiksha.ac.id/7766/%0Ahttps://repo.undiksha.ac.id/7766/9/1713021034-LAMPIRAN.pdf

Cahyani, A. P. P., Hakam, F., & Nurbaya, F. (2020). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (Simpus) Dengan Metode Hot-Fit Di Puskesmas Gatak. Jurnal Manajemen Informasi Dan Administrasi Kesehatan (JMIAK), 3(2), 20–27. https://doi.org/10.32585/jmiak.v3i2.1003

hidayat fahrul, D. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Model Pembelajaraan Pjbl Siswa Kelas 2 Pada Materi Bangun Datar Sdn Ginuk 1. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(September), 31–41.

Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusa, 4(3), 2191.

Moammar Qadafi, Andriyani Hastuti, & Jamaluddin. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik SMA TGH Umar Kelayu Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 223–228. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1604

Monica, N. F. (2021). Mengembangkan keterampilan belajar abad-21 pada Pembelajaran fisika untuk mendukung program kampus merdeka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Sains Kimia (SNP-SK) FKIP-Undana, 4(1), 263–264.

Nahak, R. L., & Bulu, V. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantu Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 230. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2369

Purba, M. C., & Harahap, N. A. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Aplikasi Geogebra di SMA Negeri 1 Rantau Utara. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2115–2122. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.661

Purwanti, Hayat, M. S., Rita, E., & Roshayanti, F. (2024). Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMPN 1 Jumo dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 16(1), 17–24. https://doi.org/10.30599/jti.v16i1.3042

Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). Pendidikan Sains Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi Eksplorasi Siswa Di Smpn 62 Surabaya. PENSA E-JURNAL: Pendidikan Sains, 9(2), 242–246. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index

Ridwan, Y. H., Zuhdi, M., Kosim, K., & Sahidu, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Peserta Didik. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 103. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.3832

Sari, W. P., Sahidu, H., & Harjono, A. (2022). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Discovery berbantuan Simulasi PhET untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 995–1000. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.437

Satria, R. P., Sahidu, H., & Susilawati, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 221. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.3046

Zaenab, N., Herayanti, L., Sukroyanti, B. A., Fisika, P., Teknik, F., & Terapan, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Indonesian Journal of Teacher Education, 3(1), 374–383.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.