Analisis Penerapan Model Pembelajaran PjBL Inkuri OASIS PBL Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Fisika

Johan Rifky Aritonang, Jeffry Handhika, Mislan Sasono, Farida Huriawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi fisika. penelitian ini dibatasi pada empat model pembelajaran PjBL, Inkuiri, OASIS, PBL. metode yang digunakan adalah studi literature. hasil dari kajian literatur didapatkan informasi bahwa keempat model pembelajaran tersebut mampu meningkatkan kemampuan pemahaman siswa. implementasi dari hasil rekomendasi Direkomendasikan untuk melakukan penelitian eksperimen untuk membandingankan dua atau lebih model tersebut untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi fisika.


Keywords


kooperatif; pemahaman konsep; kinematika

Full Text:

PDF

References


Aristawati, Sadia, I. W., & Sudiatmika. (2018). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR FISIKA SISWA SMA. ejurnal undiksha.

Ariyani, N., Handhika, J., & Kurniadi, E. (2020). Development of Physics Modules in OASIS-Based Work and Energy Subjects to Improve Students ’ Critical Thinking Ability. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan, 75-84.

Bell, T., Urhahne, D., Sacanze, S., & Ploetzner, R. (2010). Collaborative Inquiry Learning: Models, Tools, and Challenges. International Journal of Science and Education, 349-377.

Budiharti, R., & Aristiyaning, L. (2015). Syntax Construct Validity Of Project Based Learning Ofglobal Warming Material. Prosiding ICTTE FKIP UNS , 897-903.

ÇAVAŞ, B., HOLBROOK, J., KASK, K., & RANNIKMAE, M. (2013). DEVELOPMENT OF AN INSTRUMENT TO DETERMINE SCIENCE TEACHERS’ IMPLEMENTATION OF INQUIRY BASED SCIENCE EDUCATION IN THEIR CLASSROOMS. International Online Journal of Primary Education, 9-22.

Du, X., Lundbreg, A., Ayari, M., Naji, K., & Hawari, A. (2021). Examining engineering students' perceptions of learner agency enactment in problem- and project-based learning using Q methodology. Journal engineering education, 111-136.

English, M. C., & Kitsantas, A. (2013). Supporting Student Self-Regulated Learning in Problem- and Project-Based Learning. Interdisciplinary Journal of Problem Based Learning, 128-150.

Febria, A. L., Handhika, J., & Kurniadi, E. (2022). Positive Changes in Students' Critical Thinking Post-Application OASIS Model on Matter Work and Energy. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika.

Halim, A., Saurina, & Mursal. (2017). Dampak Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. JPPPF, 1-9.

Handayani, T., Karyasa, W., & Nyoman, S. (2015). KOMPARASI PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP . e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 1-12.

Handhika, J. (2017). Panduan Model Dengan Langkah OASIS Untuk Meningkatkan Level Konsepsi. Surakarta: Azyan.

Handhika, J. (2018). Model Orientasi, Analisis, Sintesis, Investigasi, Sinergi (OASIS)Untuk meningkatkan Level Konsepsi Mahasiswa Pada Materi Kinematika dan Dinematika.

Herayanti, L., Habibi, & Sukroyanti, B. A. (2023). Development of Inquiry-Based Teaching Materials to Improve the Creativity of Prospective Physics Teachers. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 971-976.

Kanyesigye, S. T., Uwamahoro, J., & Kemeza, I. (2022). The Effect of Professional Training on In-service Secondary School Physics 'Teachers'Motivation to Use Problem-Based Learning. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 271-287.

Lestari, P. W., Handhika, J., & Yusro, A. C. (2022). Application of the OASIS Learning Model to Improve Students' Scientific Literacy. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan fIsika.

Lonergan, R., Cumming, T., & O'Neill, S. (2022). Exploring the efficacy of problem-based learning in diverse secondary school classrooms: Characteristics and goals of problem-based learning. International Journal of Education Reasearch.

Milana, L., & Jannati, E. D. (2018). INOVASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN VISUALISASI VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATAKULIAH FISIKA DASAR I. Wahana Pendidikan Fisika , 19-23.

Nurhadi, N., Lukman, L., Abas, Erni, Yiliana, & Hamrina, H. (2016). Implementation of Inquiry Based Learning to Improve Understanding the Concept of Electric Dynamic and Creative Thinking Skills ( An empirical study in Class IX Junior High School Students State 4 Kendari ). International Journal of Science and Research, 471-479.

Oliver, D. P., & Washington, K. (2018). Shared decision making in home hospice nursing visits: A qualitative study. Journal of pain and symptom management, 922-929.

Parasamya, C. E., Wahyuni, A., & Hamid, A. (2017). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). JIMPF, 42-49.

Prince, M. J., Vigeant, M. A., & Nottis, K. (2009). A preliminary study on the effectiveness of inquiry-based activities for addressing misconceptions of undergraduate engineering students. Education for Chemical Engineers, 28-41.

Ramadhani, E. M., & Nana. (2020). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Virtual. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 87-92.

Rohman, A., Ishafit, & Husna, H. (2021). PENGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEAM TERHADAP BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMA PADA MATERI DINAMIKA ROTASI. JPFT, 15-21.

Rohman, A., Ishafit, & Husna, H. (2021). PENGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNINGTERINTEGRASI STEAM TERHADAP BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMA PADA MATERI DINAMIKA ROTASI. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 15-21.

Saputo, S. D., Tukiran, & Supardi, Z. I. (2022). Design Clarity Learning Model to Improve Advanced Clarification Ability on Physics Courses. Cypriot Journal of Educational Sciences, 1549-1566.

Sasmita, P. R., & Hartoyo, Z. (2020). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEM PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA. SJPIF, 136-146.

Serevina, V., & Muliyati, D. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Dinamika Gerak Partikel Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Project Based Learning. JPPPF, 61-67.

Setiawati, W. E., & Jatmiko, B. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMA. Inovasi Pendidikan Fisika, 287-291.

Sidiq, A. P., Handhika, J., & Kurniadi, E. (2020). Pengaruh Penerapan Modul Fisika Berbasis Oasis Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika.

Sonia, Kurniawan, Y., & Mulyani, R. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Jurnal of Educational Review dan Research, 14-19.

Sumarno, U. (2013). ASESMENSOFT SKILLDANHARD SKILLMATEMATIKSISWADALAMKURIKULUM 2013. Seminar pendidikan matematika di sekolah tinggi agama islamnegeri batusangkar, 1-30.

Susilawati, Doyan, A., & Muliyadi, L. (2022). Effectiveness of Guided Inquiry Learning Tools to Improve Understanding Concepts of Students on Momentum and Impulse Materials. Jurnal penelitian Pendidikan IPA, 1548–1552.

Suyani, T., Handhika, J., & Sasono, M. (2022). The Aplication of the OASIS Learning Model to improve. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 1-5.

Widaningrum, D. (2020). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA . Unnes Physics Education Journal, 306-3012.

Wijayanto, T., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA. JPF , 113-120.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Jurnal Of Science and Mathematics Education, 339-408.

Yulkifli, Yohandari, & Aziz, H. (2022). Development of physics e-module based on integrated project-based learning model with Ethno-STEM approach on smartphones for senior high school students. Momentum: Physics Education Journa, 93-103.

Zahara, S. R., Muliani, & Rizaldi. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DICOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Relativitas Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 15-23.

Zulyusri, Elfira, I., & Santosa, T. A. (2023). Literature Study: Utilization of the PjBL Model in Science Education to Improve Creativity and Critical Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 133-143.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.