Pengembangan Instrumen Soal Literasi Sains Kerangka PISA

Dwi Putri Handayani, Tantri Mayasari

Abstract


Literasi sains merupakan kemampuan dimana seseorang dapat membedakan fakta ilmiah dari berbagai macam informasi, mengenali dan menganalisis penggunaan metode penelitian ilmiah, serta kemampuan mengorganisasikan, menganalisis, dan menginterpretasikan informasi kuantitatif dan informasi ilmiah. Kemampuan literasi sains siswa  di Indonesia sangatlah kecil, maka perlu pengembangan  literasi sains dengan kerangka PISA pengembangan Instrumen soal literasi sains kerangka PISA sangat berpengaru untuk melatih agar siswa terbiasa dengan persoalan dalam bidang literasi Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan instrumen soal literasi sains tervalidasi terhadap kerangka PISA untuk mengukur literasi sains siswa kelas XI sekolah menengah atas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini  adalah penelitian dan pengembangan  dengan dilakukan 3 tahapan pemngembangan yaitu 3D (Define, Design, Develop). Tahapan pengembangan meliputi desain dan validasi oleh ahli materi. Produk akhir dari kajian pengembangan ini adalah Instrumen Soal PISA kerangka PISA untuk mengukur literasi sains yang telah diakui valid dan layak oleh para ahli dalam bentuk 11 soal. Tahapan pengembangan instrumen diawali dengan analisis kebutuhan dan kajian pustaka. Validasi perangkat dilakukan dengan mengevaluasi hingga lima validator, yaitu seorang ahli pendidikan fisika dan empat orang guru mata pelajaran fisika.


Keywords


literasi Sains; kerangka PISA; usaha dan energi

Full Text:

PDF

References


Asih, D., & Supriyatin, T. (2022). Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Pada Materi Listrik Dinamis. Prosiding Seminar Sains.

Chasanah, N., Widodo, W., & Suprapto, N. (2022). Pengembangan Instrumen Asesmen Literasi Sains UntukMendeskripsikan Profil Peserta Didik. Journal of Science Education, 474-483.

Fraenkel, J., Wallen, N., & Hyun, H. (2019). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill Companies.

Gormally. (2012). Developing a Test of Scientific Literacy Skills (TOLS): Measuring Undergraduates‘ Evaluation of Scientific Information and Arguments. CBE-Life Sciences Education.

Khoirunnisa, H. (2015). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA (PERFORMANCE ASSESSMENT) SISWA SMA . Jakarta.

Rizkita, L., Suwono, H., & Susilo, H. (2016, MARCH 26). ANALISIS KEMAMPUAN AWAL LITERASI SAINS SISWA SMA KOTA MALANG. Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016,, pp. 1-11.

Setiawan, A. R. (n.d.). MENYUSUN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK PEMBELAJARAN.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. ALFABETA.

Ulum, M. (2016). NGEMBANGAN DAN VALIDASI TES PILIHAN GANDA BERBASIS PENALARAN UNTUK, 50-53.

Yosef Firman Narut. (2019). LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI INDONESIA. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar Vol 3, 61-69.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.