Analisis Kebutuhan Modul Kinematika Berbasis POE (Predict, Observe and Explain) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa

Mukholiffatul Maisaroh Maisaroh, Jeffry Handhika, Mislan Sasono, Farida Huriawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan materi pembelajaran berupa modul berbasis POE (Predict, Observe and Explain) didukung oleh software flipbook untuk meningkatkan pemahaman konsep. Penelitian dan pengembangan digunakan sebagai metode penelitian dengan tahap ADDIE, terdiri dari lima tahapan: yaitu Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Dalam penelitian ini dibatasi pada analisis kebutuhan dan perancangan yang dilakukan melalui kajian literatur, wawancara dan dokumen modul pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penting untuk mempertimbangkan hasil analisis kebutuhan dalam pengembangan materi ajar menggunakan media modul cetak. Hal ini menjadi dasar dalam pengembangan modul kinematika berbasis POE berbantuan software flipbook yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Infrastruktur di sekolah juga mendukung integrasi teknologi dalam modul menjadi landasan pengembangan modul yang efektif.


Keywords


Modul Kinematika; POE; Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. (n.d.). Jurnal Pendidikan Matematika.

Ayhan, C., & Yavuz, D. (2013). The Clearing House. A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 86(1), 1–10.

F. O., Cavalcanti, C., Nascimento, M., & Lima, N. (2023). Speech analysis under a Bakhtinian approach: Contributions to research on physics education. PHYSICAL REVIEW PHYSICS EDUCATION RESEARCH, 010141.

Greca, I. M., & Moreira, M. A. (2002). Mental, Physical, and Mathematical models in the teaching and learning of physics. Science education, 106-121.

Handika, J. (2019). Miskonsepsi, Hoax, dan Pembelajaran Fisika Di Era Revolusi . The 5th Lontar Physics Forum 2019, 1-5.

Juniati. (2009). Penerapan Strategi Pembelajaran Probex Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Perserta Didik SMPN 3 Purworejo Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2007/2008 Pada Konsep Kalor. Berkala Fisika Indonesia, 1(2), 32–39.

Kibirige. (2014). The Effect of Predict-Observe-Explain Strategi on Learners’ Misconceptions about Dissolved Salts. Mediteranean Journal of Social Sciences, 5(4), 300–310.

Nesli, K., Atma, Y., & Alipasa. (2012). No Title. International Journal Of Science and Mathematics Education, 11, 555–574.

Pengembang Modul Pembelajaran. (2019). Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1.

Program Studi Tadris Fisika, F. I. (2021). Analisis Kebutuhan

Pengembangan E-Module Berbasis POE(Predict, Observe, Explain). Jurnal Pendidikan MIPA, 2-3.

Sumarno, U. (2013). ASESMENSOFT SKILLDANHARD

Suyono, & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Teori dan Konsep Dasar. Rosdakarya.

SKILLMATEMATIKSISWADALAMKURIKULUM 2013. Seminar pendidikan matematika di sekolah tinggi agama islamnegeri batusangkar, 1-30.

Widaningrum, D. (2020). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA . Unnes Physics Education Journal, 306-3012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.