Penelitian Pendahuluan Kemampuan Literasi Sains dengan Kerangka PISA

Dwi Putri Handayani, Purwandari Purwandari, Farida Huriawati

Abstract


Literasi sains merupakan kemampuan seseorang untuk membedakan fakta sains dari bermacam-macam informasi, mengenal dan menganalisis penggunaan metode penyelidikan saintifik serta kemampuan untuk mengorganisasi, menganalisis, menginterpretasikan data kuantitatif dan informasi sains. Kemampuan literasi sains siswa  di Indonesia sangatlah rendah, maka perlu dikembangkan literasi sains dengan kerangka PISA pengembangan Instrumen soal literasi sains kerangka PISA sangat penting untuk melatih siswa agar terbiasa dengan persoalan dalam bidang literasi. Tujuan  dari penelitian ini adalah mengembangkan instrumen soal literasi sains kearangka PISA  yang valid  untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa kelas XI sekolah dasar.Metode dalam penelitian ini  adalah metode penelitian dan pengembangan  dengan dilakukan 3 tahapan pemngembangan yaitu 3D (Define, Design, Development). Langkah yang dikembangkan meliputi perancangandan validasi ahli materi. Produk akhir dalam penelitian pengembangan ini berupa Instrumen Soal Literasi Sains Kerangka PISA untuk mengukur kemampuan literasi sains yang telah dinyatakan valid dan layak oleh pakar berupa 11 butir soal. Tahapan pengembangan Instrumen diawali dengan melakukan analisis kebutuhan dengan melakukan studi literatur. Validasi instrumen dilakukan melalui judgetment sebanyak tiga validator yaitu satu dosen pakar pendidikan fisika dua guru mata pelajaran fisika.


Keywords


literasi Sains; kerangka PISA; usaha dan energi

Full Text:

PDF

References


Fraenkel, J., Wallen, N., & Hyun, H. (2019). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill Companies.

Gormally. (2012). Developing a Test of Scientific Literacy Skills (TOLS): Measuring Undergraduates‘ Evaluation of Scientific Information and Arguments. CBE-Life Sciences Education.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. ALFABETA.

Yosef Firman Narut. (2019). LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI INDONESIA. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar Vol 3, 61-69.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.