Studi Pendahuluan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada Materi Pengukuran

Aliya Fahmi Mu'awanah, Tantri Mayasari, Purwandari Purwandari

Abstract


Rangkaian proses pembuatan media ajar berdasar pada teori pengembangan yang ada disebut Pengembangan media pembelajaran. Sumber daya manusia di sekolah, bahkan di sektor pendidikan, sangat terampil dalam pemanfaatan teknologi, informasi, dan komunikasi online. Bergantung pada situasi di lapangan, banyak sekolah menawarkan pendidikan online, tetapi ini terbatas pada blog dan sekolah quipper. Oleh sebab itu, perlu dibuat modul Fisika berbasis web untuk materi pengukuran. Tujuan penelitian ini ialah mengembangkan lingkungan belajar berbasis web untuk materi pengukuran kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Prosedur pengembangan produk meliputi menganalisa, merancang, mengembangkan, mengimplementasi serta mengevaluasi produk dengan menguji coba produk untuk keperluan revisi media pembelajaran. Validitas diuji melalui validasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi menunjukkan bahwa media berbasis web sangat valid dan layak untuk di gunakan sebagai media ajar.


Keywords


Pengembangan Media Pembelajaran; Web; Pengukuran

Full Text:

PDF

References


Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran bagi Siswa Kelas VIII. JMSK, 65-74.

Azmi, M., & dkk. (2016). Studi Pendahuluan Pengembangan Aplikasi Smarthphone sebagai Alternatif Media Pembelajaran Sejarah. Jurnal Vidya Karya, 57-63.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 171-186.

Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 1-8.

Pratama, F. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Website. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 182-188.

Sapitri, A. (2019). Besaran dan Pengukuran. Lampung.

Sari, F. A., Suseno, N., & Riswanto. (2019). Pengembangan Modul Fisika Online Berbasis Web pada Materi Usaha dan Energi. JIPFRI, 130-135.

Saroji. (2020). Modul Pembelajaran SMA FISIKA. Semarang.

Setiyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis web pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 2-7.

Yunita, & Susanto, A. (2020). Merancang Media Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Aplikasi Dreamweaver pada SMAN 1 kapoiala. SIMKOM, 9-17.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.