Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Four-tier Diagnostic Test pada Materi Impuls Momentum di MAN Kabupaten Banjar

Refna Zia, Dewi Dewantara, Zainuddin Zainuddin

Abstract


Miskonsepsi merupakan salah satu permasalahan dalam pembelajaran fisika yang membuat peserta didik kesulitan dalam memahami konsep fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep peserta didik terhadap konsep impuls momentum, mendeskripsikan tingkat miskonsepsi peserta didik terhadap konsep impuls momentum, dan mendeskripsikan bentuk miskonsepsi peserta didik terhadap konsep impuls momentum. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA MAN 2 Banjar, MAN 3 Banjar, dan MAN 4 Banjar. Penentuan sampel dilakukan secara simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 172 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes diagnostik four-tier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep peserta didik sangat kurang terhadap konsep impuls momentum yaitu sebesar 12.17%. Miskonsepsi peserta didik termasuk dalam kategori rendah yaitu sebesar 28.41%. Bentuk-bentuk miskonsepsi yang teridentifikasi dalam penelitian ini antara lain: peserta didik menganggap nilai momentum didapatkan dari hasil kali massa dan percepatan, massa dan kecepatan tidak mempengaruhi nilai momentum, impuls berbanding terbalik dengan momentum.

Keywords


Miskonseps; four-tier; tes diagnostik

Full Text:

PDF

References


Alawiyah, N. S., Ngadimin, & Hamid, A. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dengan Menggunakan Metode Indeks Respon Kepastian (IRK) pada Materi Impuls dan Momentum Linear di SMA Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM), 2(2), 272–276.

Amaliah, N. U., Darmadi, I. W., & Saehana, S. (2020). Analysis of Students’ Understanding of Motion Concept with Video based Learning Assisted by Tracker Software. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(2), 126–132. https://doi.org/10.20527/bipf.v8i2.8369

Ariska, M., Akhsan, H., Muslim, M., & Azizah, N. (2021). Pemahaman Konsep Awal Mahasiswa Pendidikan Fisika Terhadap Materi Benda-Benda Langit dalam Perkuliahan Astrofisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 405–413.

Beniarti, T., Prihandono, T., & Supeno, S. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa SMK pada Pokok Bahasan Rangkaian Listrik. FKIP E-PROCEDING, 3(1), 220–225.

Caleon, I. S., & Subramaniam, R. (2010). Do Students Know What They Know and What They Don’t Know? Using a Four-Tier Diagnostic Test to Assess the Nature of Students’ Alternative Conceptions. Research in Science Education, 40(3), 313–337. https://doi.org/10.1007/s11165-009-9122-4

Jubaedah, D. S., Kaniawati, I., Suyana, I., Samsudin, A., & Suhendi, E. (2017). Pengembangan Tes Diagnostik Berformat Four-Tier untuk Mengidentifikasi Siswa pada Topik Usaha dan Energi. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF 2017, VI(October), 35–40.

Maison, M., Lestari, N., & Widaningtyas, A. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 32–39. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.314

Pratiwi, A. D., Maison, & Syarkowi, A. (2015). Analisis Miskonsepsi pada Konsep Hukum-Hukum Newton Tentang Gerak. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 1–6.

Rochim, F. N., Munawaroh, F., Yuniasti, A., Wulandari, R., Ahied, M., & Ipa, P. P. (2019). Identifikasi Profil Miskonsepsi Siswa pada Materi Cahaya Menggunakan Metode Four Tier Test dengan Certainty of Response Index (Cri). Natural Science Education Reseach, 2(2), 140–149.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 06(02), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. PT Grasindo.

Utari, J. I., & Ermawati, F. U. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Miskonsepsi Berformat Four-Tier untuk Materi Suhu, Kalor, dan Perpindahannya. Inovasi Pendidikan Fisika, 07(03), 434–439.

Wiyono, F. M., Sugiyanto, S., & Yulianti, E. (2016). Identifikasi Hasil Analisis Miskonsepsi Gerak Menggunakan Instrumen Diagnostik Three Tier pada Siswa SMP. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 06(02), 61–69. https://doi.org/10.26740/jpfa.v6n2.p61-69

Wulandari, Y. S., & Muhandar, D. R. (2019). Identifikasi Kemampuan Pemahaman Konsep terhadap Gaya Kognitif Siswa SMP dengan Materi Kubus dan Balok. Prosiding Sesiomadika : Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang, 208–227.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.