Implementation Of The Problem Based Learning Model Through Experimental Methods On Students' Learning Outcomes On Vibration And Waves In Class VIII Smp Development V Yapis, Academic Year 2021/2022

Titik Rukmawati, Auldry F Walukow, Virman Virman

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang Implementasi Model Problem Based Learning Melalui Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Getaran Dan Gelombang Di Kelas VIII SMP Pembangunan V Yapis Tahun Pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen yang diajarkan dengan model Problem Based Learning melalui metode eksperimen dengan kelas kontrol yang diajarkan dengan model konvensional pada materi getaran dan gelombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain model quasi eksperimental design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A dan kelas VIII B SMP Pembangunan V Yapis. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Paradigma penelitian ini adalah paradigma sederhana dengan satu variabel independen dan satu variabel dependen. Pengambilan data digunakan dengan menggunakan instrument test. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai N-gain seluruh konsep peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model Problem Based Learning melalui metode eksperimen dengan N-gain sebesar 0,78 yang tergolong kategori tinggi dan peserta didik yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional dengan N-gain sebesar 0,37 yang tergolong kategori sedang. Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik yang diajarkan menggunakan model Problem Based Learning melalui metode eksperimen dan peserta didik yang diajarkan menggunakan model konvensional untuk seluruh konsep getaran dan gelombang yang ditunjukkan nilai signifikan < 0,05 yaitu sebesar 0,000. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah model Problem Based Learning melalui metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik yang diajarkan menggunakan model Problem Based Learning melalui metode eksperimen dan peserta didik yang diajarkan menggunakan model konvensional pada materi getaran dan gelombang.


Keywords


Model Problem Based Learning; Metode Eksperimen; Getaran dan Gelombang

Full Text:

PDF

References


Farisi A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhu Dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. Vol. 2, No. 3

Damayanti, dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 di SD Negeri Tegalrejo 2. Skripsi: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Fathurrohman, dkk. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta. Ar-ruzz Media.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurqomariah, dkk. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Kelas VIISMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Penidikan Fisika dan Teknologi. Vol. 1, No.3

Tajo N. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Jayapura Pada Pokok Bahasan Getaran Dan Gelombang Tahun Pelajaran 2018/2019. (Skripsi: Jayapura: UNCEN 2019)

Merdekawati R. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Usaha dan Energi Pada Peserta Didik di SMA Muhammadiyah Jayapura Tahun Pelajaran 2018/2019. (Skripsi : Jayapura: UNCEN 2019)

Shoimin, dkk. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sumantri, dkk. (2015). Strategi Pembelajaran Teori Dan Praktik Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sugiono. (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung. CV. Avebeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.