Development of Physics Learning Media Based on Augmented Reality Newton's Law Material

Aprilla Fortuna, Aprizal Saputra, Amri Ramadhan, Febri Prasetya, Primawati Primawati, Detty Rahmadhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis teknologi Augmented Reality berfokus pada materi Hukum Newton. Pemanfaatan media pembelajaran bertujuan menarik peserta didik dalam meningkatkan konsentrasi dan pemahaman dalam pembelajaran yang menganalisis struktur fisik berupa analisa objek fisik virtual 3D. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis Augmented Reality khususnya materi Hukum Newton untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, 2) Mengetahui kevalidan dan keefektifan media pembelajaran Augmented Reality dalam proses pembelajaran. Dengan model pembelajaran berbasis teknologi diharapkan peserta didik mampu memahami pembelajaran fisika khususnya pada materi Hukum Newton. Penelitian ini merupakan penelitian dengan model pengembangan 4D (Four-D Model) oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu, define, design, develop, dan dissiminate. Tahap define (pendefinisian) menjaring permasalahan terkait analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap design (perancangan) desain prototype produk berupa media pembelajaran fisika berbasis Augmented Reality yang dikembangkan dengan animasi 3D. Tahap develop (pengembangan) menghasilkan konfigurasi media pembelajaran melewati tahapan revisi, berdasarkan penilaian dosen ahli, praktisi dan hasil pengujian aplikasi kepada pengguna. Hasil penelitian pada tahap dissiminate (penyebaran) dilanjutkan pada penelitian selanjutnya.

Keywords


Media Pembelajaran; Fisika; Augmented Reality; Hukum Newton

Full Text:

PDF

References


Annur, S., Wati, M., Mahtari, S., & Prastika, M. D. (2018). Sustainable Development Goals (SDGs) dan Peningkatan Kualitas Pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan, 251–255.

Doyan, A., Taufik, M., & Anjani, R. (2018). Pengaruh Pendekatan Multi Representasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(1), 36–45. https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i1.99

F. Avvisati, A. Echazarra, P. G. and M. S. (2018). Programme For International Student Assessment (PISA) Results From PISA 2018. National Center for Education Statistics, 1, 1–10.

Geven, K. (2020). Simulating the Potential Impacts of COVID-19 School Closures on Schooling and Learning Outcomes: A Set of Global Estimates (Issue June).

Juliartini, N. M., Hatibe, A., & Darsikin. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMA Dalam Memahami Konsep Hukum Newton. Musamus Journal of Sciense Education, 2(2), 81–90. https://doi.org/10.35724/mjose.v2i2.3025

Prasetya, F., Syahri, B., Fajri, B. R., Ranuharja, F., Fortuna, A., & Ramadhan, A. (2021). Improved learning outcomes of CNC programming through Augmented Reality job sheet learning media. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 21(3), 221–233.

Sari, A. L. R., Parno, P., & Taufiq, A. (2018). Pemahaman Konsep dan Kesulitan Siswa SMA pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(10), 1323–1330. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11663

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian R&D. In ALFABETA, CV. Bandung (pp. 1–330).

Widodo, A. Y. P., Yennita, Y., Azhar, A., & Islami, N. (2019). Development of Physics Learning Media on Rotational Materials Based on Interactive Multimedia. Journal of Physics: Conference Series, 1351(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1351/1/012057


Refbacks

  • There are currently no refbacks.