The Development of Android-Based Documentary Video Learning Media has the Potential for Effective Future Learning on the Matter of Momentum, Impuls and Collison

Jamiatul Ummah, Herman Jufri Andi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui validasi media yang dikembangkan serta  mengetahui seberapa besar keefektifan media jika digunakan di sekolah tingkatan  SMK. Bentuk penelitian ini adalah Reseach and Development dengan model pengembangan Four-D (Define, design, develop, dan Disseminate).  Pengembilan data Development yaitu validasi materi dan media berupa angket validasi  dan angket tanggapan guru sebagai praktisi serta pengambilan data Reseach dengan instrument Tes Pretest-Posttest pada saat pembelajaran untuk mengetahui keefektifan media. Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dan ahli media serta praktisi media pembelajaran video dokumenter berbasis android menunjukan bahwa Validasi materi ahli dari 2 validator diperoleh presentase 83,335% dan validasi media ahli diperoleh presentase penilaian 80,06% dengan presentase rata-rata 81,7% dan hasil penilaian uji coba pengguna/praktisi diperoleh presentase sebesar 84,37%, yang artinya media yang sudah di validasi masuk kategori “sangat layak” untuk diuji-cobakan. Serta keefektifan media pembelajaran video dokumenter berbasis android dilihat dari hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media diperoleh presentase penilaian sebesar   48,94% yang dikategorikan efektif diterapkan pada sekolah tingkat SMK. Jadi hasil data yang diperoleh untuk produk media pembelajaran video dokumenter berbasis android untuk tingkat sekolah SMK “sangat layak” digunakan menurut para ahli dan praktisi, serta efektif diterapkan sebagai media pembelajaran

Keywords


Video Dokumenter; Android; Keefektifan

Full Text:

PDF

References


Husnaini, A. N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Kompetensi Menjelaskan Pemasangan Komponen dan Sirkit Programmable Logic Controller (PLC) Untuk SMK. UNniversitas Negeri Yogyakarta.

Muqarrobin, T. F., & Kurwanto, H. (2016). Development Of An Android-Based Physics E-Book To Ease Students' Physics Learning And Its Influence On Their Learning Achievement. American Jurnal Engineering Reseach (AJER), 5, 223-229.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. YOGYAKARTA: DIVA Pres.

sindo, k. (2020, 3 23). Belajar di Rumah, Siswa Keluhkan Tugas dari Guru Terlalu ber. Retrieved from Edukasi: https://edukasi.sindonews.com/berita/1564807/144/belajar-di-rumah-siswa-keluhkan-tugas-dari-guru-terlalu-berat

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV.

Suryandari, Sunarno, w., & Suparmi. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Video Dokumenter Berbasis Inkuiri Terbimbing BerorientasiI Pada Motivasi Belajar Siswa. inkuiri terbimbing, 4, 85-94.

Thiagarajan, S., & dkk. (1974). Instructional Development for Training. Washinton DC: National Center for.

Wulandari, P. M., & Jember, U. (2018). Pengembangan MediaPembelajaran Video Dokumenter Menggunakan Model 4D pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA.

Zulpar, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android Menggunakan ADOBE AIR FOR Android pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi Untuk Siswa SMA/MA. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.