Research Profile of Assessment in Physics Learning: A Bibliometric Analysis (2012-2021)

Mohd Zaidi Bin Amiruddin, Berliana Dani Adelia, Septi Umalia Frida, Binar Kurnia Prahani, ‪Mukhayyarotin Niswati Rodliyatul Jauhariyah

Abstract


Asesmen menjadi salah pembahasan penting yang harus dikaji. Hal ini dikarenakan dalam setiap aktivitas pembeljaran memlrukan asesment didalamnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis tren penelitian terkait bidang asesemnt pada pembjaran fisika selama 2012 – 2020. Penelitian ininmeggunkan metode analsisi bibliometrik dengan bantuan Vosviewer untuk memvisualisaikan hasil datbase Scopus yang digunaan. Hasil penelitian ini mendapatan tren perkembangan aseseent pada pemblajaran fisika dari tahun ke tahuan mengaami peningktan. Tipe dokumen publiaksi terbnyak yaitu artikel (64074 doc), diikuti konfernsi paper (15704 doc), dan review (9144 doc). Tambahan lagi, sorce title yang paling banyak mempublikasikan terkiat asesepmet pada bidang oendidikan fisika adalah Journal Of Physics Conference SeriesShow (3560 doc), IEEE Access (1028 doc), dan Plos One (978 doc). Selanjutnya, diharapkan kedepannya akan ada peneliti lanjutan terkiat asesment terkhusus pada pembeljaran fisika yang dapat dimanfaatkan sebgai sumber referensi dari segala hal serta dapat menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan mutu pendikan di sekolah.


Keywords


Asesmen; bibliometrik; tren penelitian; pembelajaran fisika

Full Text:

PDF

References


Ahmad, I. F. (2020). Asesmen alternatif dalam pembelajaran jarak jauh pada masa darurat penyebaran coronavirus disease (Covid-19) di Indonesia. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 195–222. doi: https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.1136

Ali, M. H., Tawil, M., Nurhayati, & Yunus, S. R. (2018). Pengembangan asesmen proyek dalam pembelajaran fisika development of project assesment in physics learning. Jurnal Sainsmat, 7(1), 34–41.

Anggraini, W. & Kuswanto, C., W. (2019). Teknik ceklist sebagai asesmen perkembangan sosial emosional di RA. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 61–70.

Anwar, R. (2014). Hal-Hal yang mendasari penerapan kurikulum 2013. Humaniora, 5(1), 97-106. doi: https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.2987

Ariyani, F., Nayana, T., Saregar, A., Yuberti, Y., & Pricilia, A. (2018). Development of photonovela with character education: As an alternative of physics learning media. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(2), 227–237. doi: https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i2.3072

Astalini, A., Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Anggraini, L., & Perdana, R. (2020). E-assessment on student’s self-concept for physics learning. Jurnal Ilmu Pendidikan, 25(2), 73-81. doi: https://doi.org/10.17977/um048v25i2p73-81

Astuti, et al. (2013). Pengembangan instrumen asesmen autentik berbasis literasi sains pada materi sistem ekskresi. Lembaran Ilmu Kependidikan. 42(2), 107–115.

Bashooir, K., & Supahar. (2018). Validitas dan reabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran fisika berbasis STEM. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 220–230. doi: https://doi.org/10.1016/S0140-6736(13)61836-X.

Cahyanovianty, A., D., & Wahidin. (2020). Analisis kemampan numerasi peserta didik kelas VIII dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum (AKM). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematik, 05(02), 39–48.

Calista. (2019). Pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik tema sumber nergi kelas III di MI Negeri 1 Yogyakarta. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2), 196–203.

Deta, Utama Alan, Suparmi & Widha S. (2013). Pengaruh metode inkuiri terbimbing dan proyek, kreativitas, serta keterampilan proses sains terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 28-34. doi: https://doi.org/10.15294/jpfi.v9i1.2577

Deta, U. A., & Suprapto, N. (2012). Pembelajaran fisika model diskusi ditinjau dari kecerdasan intrapersonal siswa. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 2(1), 30-36. doi: https://doi.org/10.26740/jpfa.v2n1

Dewi, S. N. A. D., Rosidin, U., & Abdurrahman. (2013). Pengaruh asesmen e-portofolio melalui grup facebook menggunakan model pembelajaran arias terhadap hasil belajar. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(5), 69–77.

Gok, T. (2010). The general assessment of problem solving processes and metacognition in physics education. International Journal of Physics & Chemistry Education, 2(2), 110–122. doi: https://doi.org/10.51724/ijpce.v2i2.186

Hamzah, S., I., Djuko, R. U., & Juniarti, Y. (2020). Asesmen terhadap anak berkebutuhan khusus (Abk). JAMBURA Early Childhood Education Journal, 2(1), 109-123.

Handayani, P., & Agoestanto, A. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan asesmen kinerja terhadap kemampuan pemecahan masalah. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1), 70-76. doi: https://doi.org/10.15294/ujme.v2i1.3322

Handriani, L. S., Harjono, A., & Doyan, A. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 210-214. doi: https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.261

Hanna, D., Sutarto, & Harijanto, A. (2016). Model pembelajaran tema konsep disertai media gambar pada pembelajaran fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 23–29.

Hariyono, E., Abadi, A., Liliasari, L., Wijaya, A. F. C., & Fujii, H. (2018). Designing geoscience learning for sustainable development: A professional competency assessment for postgraduate students in science education program. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 8(2), 61-70. doi: https://doi.org/10.26740/jpfa.v8n2.p61-70

Hewi, L., & Indari, I. (2021). Asesmen virtual pada pembelajaran pendidikan anak usia dini di masa pandemi covid-19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(02), 196–204.

Hidayati, N., & Idris, T. (2017). Korelasi dan kontribusi asesmen portofolio terhadap habits of mind Siswa SMAN Kota Pekanbaru. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 5(5).

Kane, S. N., Mishra, A., & Dutta, A. K. (2016). Preface: International Conference on Recent Trends in Physics (ICRTP 2016). Journal of Physics: Conference Series, 011001. doi: https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001

Kartowagiran, Badrun, J. (2016). Model asesmen autentik untuk menilai hasil belajar siswa sekolah menengah pertama (SMP): Implementasi asesmen autentik di SMP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 59–66.

Krasnova, L., & Shurygin, V. (2019). Blended learning of physics in the context of the professional development of teachers. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(23), 17–32. doi: https://doi.org/10.3991/ijet.v14i23.11084

Kurniadi, G. (2018). Discovery learning berbantuan asesmen hands on. ANARGYA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 8–13.

Kusairi, S. (2013). Analisis asesmen formatif fisika Sma berbantuan komputer. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(3), 68–87. doi: https://doi.org/10.21831/pep.v16i0.1106

Kulakli, A., and Osmanaj, V. (2020). Global research on big data in relation with Artificial Intelligence (A bibliometric Study: 2008-2019). International Journal of Online and Biomedical Engineering, 16(2), 31-46. https://doi.org/10.3991/ijoe.v16i02.12617

Lu, Y., Huang, M., Shi, X., and Chen, B. (2021). Bibliometric and visualization analysis of breast cancer stem cell literature from 2011 to 2020 based on web of science database. Chinese Journal of Tissue Engineering Research, 25(25), 4001-4008. https://doi.org/10.12307/2021.011

Lambin, E. F. (2014). Global assessment of urban and peri-urban agriculture: Irrigated and rainfed croplands. Environmental Research Letters, 9(11), 1-9. doi: https://doi.org/10.1088/1748-9326/9/11/114002

Lestari, N. N. S. (2011). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (Problem- Based Learning) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika bagi siswa kelas VII SMP. Journal Education, 1(1), 1–21.

Malik, A., Ertikanto, C., & Suyatna, A. (2015). Deskripsi kebutuhan HOTS assessment pada pembelajaran fisika dengan metode inkuiri Terbimbing. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, 30 Juli 2015. Jakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta.

Maulana, M. A. (2021). Efektivitas pembelajaran daring terhadap hasil belajar biologi pada konsep biodiversitas di kelas X Ipa Ma Muhammadiyah Salaka Kabupaten Takalar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 85–95. doi: https://doi.org/10.51574/jrip.v1i1.22

Medriati, R., & Risdianto, E. (2020). Penerapan asesmen representasi melalui pendekatan Student Centered Learning (Scl) untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan psikomotor. Jurnal Kumparan Fisika, 3(3), 215–222. doi: https://doi.org/10.33369/jkf.3.3.215-222

Pantiwati, Y. (2018). Profil sistem penilaian dalam pembelajaran IPA. Retrived from http://research-report.umm.ac.id/index.php/research-report/article/view/1918

Pradhan, B. (2020). Earthquake risk assessment using integrated influence diagram-AHP approach. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 012078, 1-8. doi: https://doi.org/10.1088/1755-1315/540/1/012078

Rahmawati, D., Wahyuni, S., & Yushardi. (2017). Pengembangan media pembelajaran flipbook pada materi gerak benda di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 326–332.

Novianti, R. et al (2013). Pemetaan kemampuan guru paud dalam melaksanakan asesmen perkembangan anak usia dini di kota Pekanbaru. Jurnal SOROT, 8(1), 95-104.

Putra, D. S., & Wiza, O. H. (2019). Analisis sikap siswa terhadap mata pelajaran fisika di SMA Ferdy Ferry Putra Kota Jambi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(3), 299-311.

Prahani, B. K., Bin Amiruddin, M. Z., Jatmiko, B., Suprapto, N., & Amelia, T. (2022). Top 100 Cited Publications for The Last Thirty Years in Digital Learning and Mobile Learning. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(8).

Rohman, F. (2017). Pengembangan modul praktikum mandiri sebagai asesmen keterampilan proses sains dan keterampilan sosial mahasiswa. JIPFRI: Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah, 1(2), 47–56.

Santyasa, I. W., Rapi, N. K., & Sara, I. W. W. (2020). Project based learning and academic procrastination of students in learning physics. International Journal of Instruction, 13(1), 489–508. doi: https://doi.org/10.29333/iji.2020.13132a

Setiawan, A. (2017). Hubungan authentic assessment dengan motivasi belajar pendidikan jasmani. JUARA: Jurnal Olahraga, 2(2), 143-150. doi: https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.41

Suprapto, N., Kusnanik, N. W., Iriani, S. S., Wibawa, S. C., Sujarwanto, S., Yulianto, B., Suprapto, S., Hariyanto, A., & Nurhasan, N. (2021). The comparison of Scimago Institutions Rankings (SIR), Scopus, and SINTA profile: A case of the top Indonesian Institutions. Library Philosophy and Practice (e-journal), 5788, 1-11. https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac

Suhendi, Y., H., Ali Ramdhani, M., & S. Irwansyah, F. (2018). Verification concept of assesment for physics education student learning outcome. International Journal of Engineering & Technology, 7(3.21), 321-325. doi: https://doi.org/10.14419/ijet.v7i3.21.17181

Sukmawa, O., Rosidin, U., & Sesunan, F. (2019). Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja (Performance Assessment) Praktikum Pada mata pelajaran fisika Di Sma. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 116-129. doi: https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1397

Ulfa, S. & M. (2017). Perencanaan dan asesmen perkembangan pada anak usia dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 65–74.

Wahyuni, R., & Taufik, M. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMAN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 164-169.

Wulan, A. R. (2007). Pengertian dan esensi konsep evaluasi, asesmen, tes, dan pengukuran. Retrieved from https://docplayer.info/30524417-Pengertian-dan-esensi-konsep-evaluasi-asesmen-tes-dan-pengukuran.html

Xie, L., Chen, Z., Wang, H., Zheng, C., and Jiang, J. (2020). Bibliometric and visualized analysis of scientific publications on atlantoaxial spine surgery based on web of science and VOSViewer. World Neurosurgery, 137, 435-442. https://doi.org/10.1016/j.wneu.2020.01.171

Yenny, Y. (2021). Dampak pandemi coronavirus disease 2019 terhadap kualitas publikasi ilmiah. Jurnal Biomedika dan Kesehatan, 4(1), 1-4.

Yulkifli, Jaafar, R., & Resnita, L. (2020). Developing student worksheets using inquiry - based learning model with scientific approach to improve tenth grade students physics competence. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 10(01), 56–70. doi: https://doi.org/10.26740/jpfa.v101.p56

Zheng, A. (2020). Assessment of SARS-CoV-2 screening strategies to permit the safe reopening of college campuses in the United States. JAMA Network Open, 3(7), 1–12. doi: https://doi.org/10.1001/jamanetworkopen.2020.16818


Refbacks

  • There are currently no refbacks.