pplication of Guided Inquiry Learning Model to Science Process 3) Skills and Habits of Mind on Business and Energy Materials

Teguh Saputra, Hadma Yuliani, Nur Inayah Syar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) terdapat atau tidaknya peningkatan signifikan keterampilan proses sains siswa dengan model pembelajaran guided inquiry (2) terdapat atau tidaknya peningkatan signifikan habits of mind siswa dengan model pembelajaran guided inquiry (3) terdapat atau tidaknya hubungan antara keterampilan proses sains terhadap habits of mind siswa. Penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pra-eksperimen. Desain penelitian yaitu one-group pretest-posttest design dengan teknik purposive sampling, sampel yang dipilih yaitu kelas X T Geomatika.  Penelitian dilaksanakan di SMKN 1 Palangka Raya pada September 2020. Instrumen penelitian adalah tes keterampilan proses sains dan angket habits of mind siswa. Hasil  penelitian diperoleh: (1) terdapat peningkatan signifikan keterampilan proses sains siswa dengan model pembelajaran guided inquiry pada materi usaha dan energi (sig. dua ekor  adalah 0,000 < 0,05), (2) terdapat peningkatan signifikan habits of mind siswa dengan model pembelajaran guided inquiry pada materi usaha dan energi (sig. dua ekor adalah 0,000 < 0,05), (3); tidak terdapat hubungan signifikan antara keterampilan proses sains dan habits of mind siswa menggunakan model pembelajaran guided inquiry dengan uji korelasi data pretest keterampilan proses sains dan habits of mind diperoleh nilai sig.0,260 > 0,01 dan uji korelasi dilakukan pada data posttest keterampilan proses sains dengan posttest habits of mind diperoleh nilai sig. 0,420 > 0,01 yang berarti tidak terdapat hungan antara kedua variabel.

 


Keywords


odel Guided Inquiry, Keterampilan Proses Sains, Habits of Mind.

Full Text:

PDF

References


Azis, Reza Fahmitullah dan Zainul Arifin Imam Supardi, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Meteri Gerak Harmonis, Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2): 149-4496

Azizaturredha, (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Media Laboratorium Virtual (Phet) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains Dan Minat Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Fisika 4 (01), 1-5

Costa Arthur L. dan Bena Kallick, 2009. Habits of Mind, Alexandria, Virginia USA: Association for Supervision and Curriculum Development Masiah,.(2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Membentuk Habits Of mind siswa, Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA. 5(2): 43-45

Ngalimun, Liadi, F. & Aswan. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran Berbasis Paikem. Banjarmasin: Pustaka Banua.

Nurhudayah, M. dkk. (2016). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing ( Guided inquiry) Dalam Pembelajaran Fisika Sma Di Jember ( Studi pada Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berfikir Kritis). Jurnal Pembelajaran Fisika. 5(1): 82-88

Nurmaulita,. (2017). Pembentukan Habits Of Mind Siswa Melalui Pembelajaran Salingtemas Pada Mata Pelajaran Fisika”.Vol. 3 No. 1. 201 Pada Meteri AlatAlat Optik Kelas X MIA di SMA Negeri Lamongan. Jurnal Pendidikan Fisika,ISSN 2257-732X

Qurroti, A’yunin,dkk. (2016). Penerapan Model Inkuiri TerbimbingPada pembelajaran FisikaMateri Listrik DinamisDi SMK” Reza Fahmitullah Al Azis dan Zainul Arifin Imam Supardi, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Meteri Gerak Harmonis, Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2): 149-4496

Rauf, Rose Amanah Abd dkk, (2013). Inculcation Of Science Process Sklills In A Science Classroom. Aciesnce Social Science, 9(8): 47-57

Rismawati, (2017). “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di SMK Negeri 02 Manokwari” Jurnal Pendidikan Vol 8 No 1

Sarojo, Ganinjati Aby. (2014). Mekanika Edisi 5,Jakarta: Salemba Teknika.

Sudayana, R. (2014). Satatistika penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sukardi,. (2007). Metodologi.Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sukma , (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa, Saintifika, 18,1 2502-2768.

Thoyyibah Amilatuth, Buji Jatmiko. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statis Kelas X di SMAN 1 Krembung Sidoarjo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, .05(2): 21-25.

Toharudin, Uus dkk. (2011). Mengembangkan literasi sains peserta didik, Bandung: Humaniora.

Trianto,. (2009). Mendesain Model pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep Landasan ,dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP). Jakarta:Kencana Penanda Media Grup.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.