Pengembangan Lks Problem Base Learning Untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa

Muhammad Faizal Nazri, Purwandari Purwandari, Farida Huriawati

Abstract


Kualitas bahan ajar yang digunakan harus dillakukan uji validitas terlebih dahulu sebelum  digunakan dalam pembelajaran. Melalui penelitian ini dilakukan analisis  terhadap tingkat kelayakan bahan ajar lks berbasis problem base learning pada materi Cahaya dan Alat Optik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan lks dengan uji validitas kepada 5 orang ahli. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menghitung koefisien validitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lks berbasis   problem base learning untuk melatih kemampuan literasi sains siswa telah layak digunakan dengan revisi dari para ahli yang merujuk pada aspek yang dinilai, yaitu aspek tampilan; aspek materi; aspek problem base learning; dan aspek kemanfaatan. Nilai validitas mengggunakan CVR sebesar 1 pada setiap aspek penilaian. Kemudian niai validitas CVI menunjukkan angka 1 dengan interpretasi sangat sesuai dan valid. Hasil analisis penelitian pengembangan lks tersebut menunjukkan bahwa lks berbasis  problem base learning telah dinyatakan valid dengan revisi sesuai saran para ahli.

 


Keywords


ks; literasi sains; problem base learning

Full Text:

PDF

References


Wulandari, N., Sholihin, H. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan Dan Kompetensi Sains Siswa SMP Pada Materi Kalor. Bandung: Pendidikan IPA. SEKOLAH PASCASARJANA, UPI BANDUNG: EDUSAINS Vol. 8 No. 01.

Zainia, A. dkk. Kelayakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Pada Materi Sistem Transportasi Manusia. Surabaya: Program Studi Pendidikan Sains. FMIPA. UNESA: E-Journal UNESA.

Hasyim, A. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan Di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.