Profil Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa setelah Diuji Menggunakan Instrumen Soal HOTS Berbasis Multiple Choice Test dengan Strategi Scaffolding

Nurma Mutiara Zahra, Tantri Mayasari, Mislan Sasono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan berpikir tingkat tinggi
siswa setelah diuji menggunakan instrumen soal HOTS berbasis multiple choice test
dengan strategi scaffolding. Pada penelitian ini digunakan model pengembangan
ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek
penelitian kelas kecil sebanyak 6 siswa kelas XI Kimia Industri SMK Gula Rajawali
Madiun. Soal yang diujikan yaitu sebanyak enam butir soal multiple choice.
Berdasarkan hasil analisis data uji kelas kecil instrumen soal HOTS dinyatakan valid
dengan nilai reabilitas sebesar 0,88 yang berarti tingkat reabilitas instrumen soal
HOTS sangat tinggi. Untuk tingkat kesukaran instrumen soal HOTS dalam kategori
sedang dengan daya pembeda yang cukup baik. Sedangkan untuk uji kelas besar
dilakukan di kelas X Kimia Industri. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai ngain

score sebesar 0,9 untuk indikator kemampuan menganalisis dan kemampuan
mengevaluasi. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Kemampuan berpikir tingkat
tinggi siswa mengalami peningkatan setelah diuji menggunakan soal HOTS berbasis
multiple choice test  dengan menggunakan strategi scaffolding.

Keywords


nstrumen Soal HOTS, Multiple Choice Test, Strategi Scaffolding

Full Text:

PDF

References


Afandi, Sajidan. (2018). Stimulasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Konsep dan Implementasinya dalam Pembelajaran Abad 21. Surakarta: UNS Press

Fajarini, A. (2018). Pembelajaran IPS Berbasis Problem Based Learning

(PBL) dengan Scaffolding untuk Siswa SMP/MTs. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan

Islam, 2(2), 19-30.

Istiyono., Mardapi., Supano. (2014). Pengembangan Tes Kemampuan

Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (PysTHOT) Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian dan

Evaluasi Pendidikan, Tahun 18 (1)

Rochman.,Hartoyo. (2018). Analisis High Order Thinking Skills (HOTS)

Taksonomi Menganalisis Permasalahan Fisika. Science and Physics Education

Journal (SPEJ), 1(2), 78

Mamin. (2008). Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding pada

Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur. Jurnal Chemica, 10(2), 55-60


Refbacks

  • There are currently no refbacks.