Profil Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa setelah Diuji Menggunakan Instrumen Soal HOTS Berbasis Multiple Choice Test dengan Strategi Scaffolding
Abstract
siswa setelah diuji menggunakan instrumen soal HOTS berbasis multiple choice test
dengan strategi scaffolding. Pada penelitian ini digunakan model pengembangan
ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek
penelitian kelas kecil sebanyak 6 siswa kelas XI Kimia Industri SMK Gula Rajawali
Madiun. Soal yang diujikan yaitu sebanyak enam butir soal multiple choice.
Berdasarkan hasil analisis data uji kelas kecil instrumen soal HOTS dinyatakan valid
dengan nilai reabilitas sebesar 0,88 yang berarti tingkat reabilitas instrumen soal
HOTS sangat tinggi. Untuk tingkat kesukaran instrumen soal HOTS dalam kategori
sedang dengan daya pembeda yang cukup baik. Sedangkan untuk uji kelas besar
dilakukan di kelas X Kimia Industri. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai ngain
score sebesar 0,9 untuk indikator kemampuan menganalisis dan kemampuan
mengevaluasi. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Kemampuan berpikir tingkat
tinggi siswa mengalami peningkatan setelah diuji menggunakan soal HOTS berbasis
multiple choice test dengan menggunakan strategi scaffolding.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, Sajidan. (2018). Stimulasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
Konsep dan Implementasinya dalam Pembelajaran Abad 21. Surakarta: UNS Press
Fajarini, A. (2018). Pembelajaran IPS Berbasis Problem Based Learning
(PBL) dengan Scaffolding untuk Siswa SMP/MTs. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan
Islam, 2(2), 19-30.
Istiyono., Mardapi., Supano. (2014). Pengembangan Tes Kemampuan
Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (PysTHOT) Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian dan
Evaluasi Pendidikan, Tahun 18 (1)
Rochman.,Hartoyo. (2018). Analisis High Order Thinking Skills (HOTS)
Taksonomi Menganalisis Permasalahan Fisika. Science and Physics Education
Journal (SPEJ), 1(2), 78
Mamin. (2008). Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding pada
Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur. Jurnal Chemica, 10(2), 55-60
Refbacks
- There are currently no refbacks.