PEMBELAJARAN KOREOGRAFI ANAK MELALUI GERAK DASAR TARI MALANGAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MALANG

Ratih Kartika Werdiningtiyas, Cicilia Ika Rahayunita

Abstract


Dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan di beberapa sekolah dasar Kecamatan Pakis guru dituntut mengajarkan seni tari tetapi tidak sesuai dengan kompetensi, sehingga kualitas pembelajaran hanya berdasarkan pengalaman yang telah diperoleh sebelumnya dan tidak menguasai teknik gerak dasar tari. Maka untuk menanggulangi permasalahan tersebut, diperlukan pengabdian masyarakat bagi guru SD. Kegiatan pengabdian bertujuan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam memaksimalkan penggunaan media gerak dasar tari malangan sebagai pembelajaran seni tari, mengembangkan materi pembelajaran seni tari terkait dengan konsep, dan meningkatkan kemampuan guru dalam menciptakan tari anak.

Keywords


Koreografi Anak; Gerak Dasar Tari Malangan

Full Text:

PDF

References


Dewi, Yuriet. 2009. Strategi Pengajaran Ekstrakurikuler Seni Tari di Taman Kanak-kanak Laboratorium Universitas Negeri Malang. Malang: Universitas Negeri Malang

Hadi, Y. Sumandiyo. 2007. Kajian Tari Teks dan Konteks. FSP ISI Yogyakarta

Hidajat, Robby. 2003. Koreografi Anak. Malang: Balai Kajian Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang

Hidajat, Robby. 2008. Seni Tari. Malang: Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Karyati, Dewi dkk. 2005. Pengantar Bahan Ajar Pendidikan Seni Tari dan Drama. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.