PEMBELAJARAN KOREOGRAFI ANAK MELALUI GERAK DASAR TARI MALANGAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MALANG
Abstract
Dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan di beberapa sekolah dasar Kecamatan Pakis guru dituntut mengajarkan seni tari tetapi tidak sesuai dengan kompetensi, sehingga kualitas pembelajaran hanya berdasarkan pengalaman yang telah diperoleh sebelumnya dan tidak menguasai teknik gerak dasar tari. Maka untuk menanggulangi permasalahan tersebut, diperlukan pengabdian masyarakat bagi guru SD. Kegiatan pengabdian bertujuan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam memaksimalkan penggunaan media gerak dasar tari malangan sebagai pembelajaran seni tari, mengembangkan materi pembelajaran seni tari terkait dengan konsep, dan meningkatkan kemampuan guru dalam menciptakan tari anak.
Keywords
Koreografi Anak; Gerak Dasar Tari Malangan
Full Text:
PDFReferences
Dewi, Yuriet. 2009. Strategi Pengajaran Ekstrakurikuler Seni Tari di Taman Kanak-kanak Laboratorium Universitas Negeri Malang. Malang: Universitas Negeri Malang
Hadi, Y. Sumandiyo. 2007. Kajian Tari Teks dan Konteks. FSP ISI Yogyakarta
Hidajat, Robby. 2003. Koreografi Anak. Malang: Balai Kajian Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang
Hidajat, Robby. 2008. Seni Tari. Malang: Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.
Karyati, Dewi dkk. 2005. Pengantar Bahan Ajar Pendidikan Seni Tari dan Drama. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.