INOVASI PENGOLAHAN KETELA POHON MENJADI TEPUNG MOCAF SEBAGAI SUBSTITUSI TEPUNG TERIGU DI DESA KARANGPATIHAN KABUPATEN PONOROGO

Joko Widiyanto, Sigit Ari Prabowo

Abstract


Desa Karangpatihan adalah salah satu desa di Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, yang akhir-akhir ini menjadi sorotan media karena sebagian warganya hidup di bawah garis kemiskinan. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya jumlah penduduk dengan keterbelakangan mental dan minimnya informasi tentang kesehatan, dan informasi tentang peluang usaha. Sehingga pertukaran informasi perkembangan IPTEKS yang dibutuhkan penduduk merupakan hal yang sangat penting. Para petani masyarakat desa tersebut sebagian besar terbiasa menanam Ketela Pohon (Manihot utilissima). Melimpahnya hasil ketela pohon ketika panen menimbulkan permasalahan bagi para petani. sehingga petani menempuh jalan pintas untuk menjual secara langsung pada pengepul dengan harga yang rendah di bawah nilai ekonomis dari ketela pohon tersebut. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang inovasi pengolahan ketela pohon menjadi tepung mocaf sebagai substitusi tepung terigu. Metode yang digunakan adalah menggunakan pendekatan penyuluhan dan workshop/pelatihan serta pendampingan. Hasil dari kegiatan ini meliputi penyuluhan, workshop/pelatihan serta pelaksanaan meliputi pembersihan dan pencucian, pengupasan, pencucian disertai perendaman, perajangan, perendaman, pengeringan, penggilingan/ penepungan, pengemasan, penyimpanan dan pemasaran. Hasil dari produk yang berupa mocaf ini selanjutnya dijual ataupun digunakan sebagai bahan aneka olahan makanan sebagai pengganti tepung terigu, sehingga pendapatan petani lebih meningkat dan menambah diversifikasi olahan makanan.

Keywords


Ketela Pohon, Mocaf

Full Text:

PDF

References


Antarlina, 1992. Evaluasi Sifat sifat Sensoris, Fisik dan Kimia Beberapa Klon Ketela pohon Koleksi Nasma Nutfah dalam Laporan Penelitian. Malang: Balitkabi,.

Bourdoux, et al. 1982. Cassava Product HCN Content and Detoxification Process. Ottawa : IDRC.

Endang, et al. (2010). Pengaruh Variasi Temperatur dan Konsentrasi Katalis pada Kinetika Reaksi Hidrolisis Tepung Kulit Ketela Pohon. Jurnal EKUILIBRIUM Vol.9 No.1.

Kymaryo, et al. 2000. The use of stater culture in the fermentation of cassava for the production of “kivunde‟, a traditional Tanzanian food product. Int. J. of Food Microb. 56: 179- 190.

Rukmana. 2001. Ketela pohon, Budi Daya dan Pasca Panen. Yogyakarta : Kanisius.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.