PENGABDIAN MASYARAKAT DESA KALIGONDO : MENINGKATKAN POTENSI LOKAL BERDAYA SAING MENUJU REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Anak Agung Gde Satia Utama, Dian Pratama, Hanna Lintang Utaminingrum

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Prodi Akuntansi Program Studi Diluar
Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga di Banyuwangi tahun 2018 adalah meningkatkan potensi
lokal masyarakat desa Kaligondo, Kecamatan Genteng, Banyuwangi melalui program wirausaha,
memberikan informasi terkait literasi dan inklusi keuangan, memberikan sosialisasi terkait pemasaran dan
hak cipta produk, sehingga masyarakat Kaligondo siap menghadapi revolusi industri 4.0. Masyarakat
Kaligondo sebagian besar mata pencahariannya adalah di sektor industri rumah tangga, hambatan dan
tantangan dalam mengembangkan industri rumah tangga tersebut menjadi fokus dalam kegiatan pengmas
ini. Aktivitas pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama dua hari penuh, dengan tahapan sebelumnya,
yaitu: pra-survey untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat, tahap persiapan pengmas dengan
membentuk kepanitiaan dan menghubungi narasumber untuk sosialisasi, aktivitas inti yaitu kegiatan
pengabdian masyarakat dan terakhir tahapan evaluasi pengmas. Dari hasil aktivitas pengabdian masyarakat
ini dapat disimpulkan bahwa terbatasnya sektor permodalan dan akses pemasaran menjadi perhatian utama,
sehingga titik utama pengmas dihadapkan pada penyampaian informasi terkait bantuan permodalan, inklusi
keuangan, pelatihan manajemen dan sistem informasi pemasaran serta proses hak cipta produk.


Keywords


Pengabdian Masyarakat, Kaligondo, potensi lokal, revolusi industri 4.0

Full Text:

PDF

References


Astamoen, Moko P. (2008). Entrepreneurship dalam Perspektif Kondisi Bangsa Indonesia.

Bandung : Alfabeta

Fauzan, R. (2018). KARAKTERISTIK MODEL DAN ANALISA PELUANG-TANTANGAN

INDUSTRI 4.0. Jurnal Teknik Informatika Politeknik Hasnur, 04(April), 1–11.

Kottler, Philip & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Jakarta: Erlangga

Noviana, Z. R. dkk. (2018). Pengembangan ekowisata gunung beruk dan pembuatan

cinderamata dari potensi alam sekitar berbasis pemberdayaan masyarakat. Seminar

Nasional Dan Call For Paper III, 534–539.

Panggabean, D. dkk. (2018). PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK INDUSTRI

RUMAH TANGGA BON BON SANTAN SONJAY DI KOTA MEDAN. Jurnal

Pembangunan Perkotaan, 6(1), 40–45. Retrieved from

http://ejpp.balitbang.pemkomedan.go.id/index.php/JPP

Rahma, F., Ristiyanti, N., & Debora, S. T. (2018). Solusi Upgrading terhadap Rantai Nilai

Global dalam Industri Kluster Gerabah di Kasongan , Bantul. Jurnal Transborders, 1(2),

–112.

Rahman, Aulia Bakhtiar. (n.d.). Reidentitas merek mandala sebagai perguruan tinggi berbasis

pengembangan produk lokal berdaya saing global. Seminar Nasional Manajemen Dan

Bisnis Ke-3 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas

Jember, (2017), 450–457.

Sari, Yuliana Windi. (2016). BUMDESA ( BADAN USAHA MILIK DESA ) SEBAGAI

KELEMBAGAAN PARTISIPATORIS UNTUK PENGEMBANGAN IDENTIFIKASI

POTENSI MASYARAKAT PEDESAAN. Prosiding SEMATEKSOS 3 “Strategi

Pembangunan Nasional Menghadapi Revolusi Industri 4.0,” 298–302.

Utami, A. T. (2017). Home Country Features dalam Mendukung Internasionalisasi Perusahaan

(Studi Kasus : Internasionalisasi Foxconn). Jurnal INSIGNIA, 4(2), 9–20.

Whitely, D. (2000). E-commerce: Strategy, Technologies and Applications. McGrawHill

Zimmerer W., Scarborough N.M.(2008). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil (Deny Arnos

Kwary dan Dewi Fitriasari, Penerjemah). Jakarta : Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.