PERAN GURU DALAM MEMBUDAYAKAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR MELALUI SASTRA LOKAL

Ibadullah Malawi, Dewi Tryanasari, Apri Kartikasari H. S.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kondisi literasi di SD wilayah Kabupaten Magetan; 2) mendeskripsikan peran guru dalam membudayakan literasi di sekolah dasar melalui sastra lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian dekriptif. Penelitian ini dilakukan di SDN Kawedanan 02 dan SDN Rejosari 01 di wilayah Kabupaten Magetan. Subjek penelitian adalah guru sekolah dasar yang mengajar di kelas tinggi. Teknik pengambilan data melalui obervasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan analisis data dilakukan melalui empat tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil dan pembahasan penelitian ini adalah: 1) guru di SDN Kawedanan 02 dan SDN Rejosari 01 telah mengetahui beberapa sastra lokal yang berkembang di sekitar sekolah, namun belum melakukan pemetaan yang baik dan belum memanfaatkan sastra lokal dalam pembelajaran literasinya; 2) Terdapat 12 cerita yang berhasil diidentifikasi. Untuk itu, dengan cerita-cerita lokal tersebut guru dapat menjadikannya sarana dalam memerankan diri sebagai role model dalam membudayakan literasi bagi para siswanya.

Keywords


Guru; Literasi Sekolah; Sastra Lokal

Full Text:

PDF

References


Kalida, Muhin dan Muryid, Moh. 2015. Gerakan Literai Mencerdaskan Negeri. Yogyakarta: ASWAJA.

Ma’mur, Ilzamudin. 2010. Membangun Budaya Literasi: Meretas Komunikai Global. Banten: Ian Suhada Press.

Tim USAID Prioritas. 2014. Pembelajaran Literasi di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. USAID.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.