STRATEGI MENARA (MANAJEMEN KELAS AKTIF RESPONSIF ADAPTIF) UNTUK MENUNJANG KEMATANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI (Studi Kasus Pelaksanaan Manajemen Kelas Yang Efektif dan Efisien)

Hermawati Dwi Susari, Alisa Alfina

Abstract


Kematangan sosial anak harus dibentuk sejak masa prasekolah untuk mengembangkan kemampuan adaptasi dan keluasan pergaulan anak. Pembentukan perkembangan sosial anak di lembaga pendidikan anak usia dini dilakukan melalui kegiatan pembiasaan yang dikelola secara sistematis dalam pembelajaran sehari-hari. Seni mengelola pembelajaran tersebut merupakan langkah manajemen kelas. Lantas adakah strategi yang dilakukan lembaga pendidikan anak usia dini untuk membangun manajemen kelas yang efektif dan efisien memberikan stimulasi bagi kematangan sosial anak sebelum memasuki jalur pendidikan formal di SD? Tujuan dari penelitian berikut adalah untuk mencari gambaran aktifitas manajemen kelas yang efektif dan efisien, yaitu manajemen kelas yang aktif (dapat memberikan pengalaman belajar yang beragam bagi anak), responsif (tanggap terhadap kebutuhan, minat dan bakat anak) serta adaptif (mampu berkompromi dan fleksibel terhadap perbedaan karakter, suku, budaya, agama yang dimiliki anak) sehingga dapat menunjang pembentukan kematangan sosial anak usia dini sebelum memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Data primer berupa gambaran profil kematangan sosial anak usia dini akan digali melalui observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan data primer mengenai gambaran kegiatan manajemen kelas diperoleh dari wawancara mendalam terhadap guru serta observasi kegiatan pembelajaran sehari-hari. Data sekunder profil kematangan sosial anak didasarkan pada wawancara terhadap orang tua atau pengasuh subyek, pendidik atau guru kelas di lembaga PAUD yang sehari-hari memantau perkembangan belajar anak. Subyek penelitian adalah anak kelas B1 dan B2 yang berusia 5 – 7 tahun di Cendekia Kids School Kota Madiun. Sesuai dengan jenis penelitian kualitatif, setelah pengambilan data proses selanjutnya adalah melakukan analisis melalui 3 alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan simpulan/verifikasi.

Keywords


Manajemen Kelas; Kematangan Sosial; Anak Usia Dini; Perkembangan Sosial

Full Text:

PDF

References


Chaplin, J.P. 1989. Dictionary of Psychology. New York : Dell Publishing Co.

Doll, F.A. (1965) Vineland Social Maturity Scale. American Guidance Service. Condensed Manual of Direction Minnesota.

Friend Marilyn. 2005. Special Education: Contemporary Perspectives for School Professionals, (New YORK: Pearson Education Inc.

Hurlock., E.B. 1998. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV. Alfabeta.

Winarsunu, Tulus. 2002. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.