EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR DITINJAU DARIKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA

Restu Lusiana, Tri Andari

Abstract


Mata kuliah Struktur Aljabar I merupakan salah satu mata kuliah yang memuat konsep-konsep yang abstrak, karena sifat dari mata kuliah tersebut maka mahasiswa seringkali mendapat kesulitan dalam mempelajarinya.Analisa penyelesaian masalah membutuhkan kemampuan berpikir kritis, tetapi pada kenyataanya kemampuan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pendidikan Matematika masih rendah. Oleh sebab itu digunakan model pembelajaran Problem Solving agar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester V program studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Madiun. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan angket. Untuk menguji hipotesis digunakan uji anava. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara hasil belajar mahasiswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran langsung; ada perbedaan efek antara kemampuan berpikir kritis kategori tinggi dan sedang dan dan rendah terhadap hasil belajar matematika mahasiswa; serta tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Problem Solving dan pembelajaran langsung dengan Kemampuan berpikir kritis kategori tinggi, sedang dan rendah terhadap hasil belajar matematika mahasiswa.

Keywords


Problem Solving; Struktur Aljabar; Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Andari, T. 2012. Efektifitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Bangunrejo kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2012). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jipm/article/view/465/433

DePorter, Bobbi. dkk. 2013. QUANTUM LEARNING: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Pratiwi, A. (2012). Pengaruh Permainan dan Motivasi Anak Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 18(2):106 – 121.

Lusiana, R. Efektivitas Pendekatan Quantum Learning dan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Prestasi Belajar Matematika di tinjau dari Pola Asuh Orang Tua Siswa SMP di Kabupaten Magetan Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pembelajaran Matematika UNS. Vol. 1, No. 2 (2013). https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/10252/9140

Sundayana, R. 2014. Media dan Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

T Ristiasari. 2012. Model Pembelajaran Problem Solving dengan Mind Mapping terhadap Kemampuan-Kemampuan berpikir kritis Siswa. Unnes journal of biology education Vol.1 No (3) (2012). https://journal.unnes.ac.id/artikel_sju/ujbe/149


Refbacks

  • There are currently no refbacks.