PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF KURARU BERBASIS AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR

Widayanti Choirun Nisa, Atok Miftachul Hudha, Husamah Husamah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran dan menghasilkan produk media interaktif KURARU pada pembelajaran tematik tema organ tubuh manusia dan hewan kelas V SD, serta melihat adanya efektifitasnya pada hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan R&D Borg and Gall. Media interaktif yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media dan materi pembelajaran tematik serta diujicobakan pada peserta didik untuk mendapat respon dan angket validasi pembelajaran oleh guru. Data keseluruan diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil temuan produk menunjukkan bahwa 1) Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk media interaktif KURARU untuk kelas V SD. 2) Media interaktif KURARU terbuat dari sebuah perangkat lunak 3DSMax2013 kemudian dijadikan aplikasi yang dapat install di handphone android atau laptop. Media ditayangkan dalam bentuk teks, gambar, suara, gambar 3D dan durasi pemakaian tergantung penggunaan media. 3) Pengembangan terdiri dari tahap analisis kebutuhan, pengembangan produk, validasi oleh ahli, revisi produk, dan uji coba peserta didik. 4) Hasil validasi ahli media skor 77%, hasil validasi ahli materi skor 97%, dan hasil validasi media pembelajaran skor 100%. 5) Hasil belajar menggunakan media interaktif KURARU pada kelompok besar menunjukkan media interaktif KURARU dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Keywords


augmented reality; media interaktif; pengembangan; SD; tematik

Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Haryono. D. A. (2014). Metode Praktis Pengembangan Sumber Belajar dan Media Pembelajaran. Malang: Genius Media.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. (2014a). Organ Tubuh Manusia dan Hewan: Buku Guru/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. (2014b). Organ Tubuh Manusia dan Hewan: Buku Siswa/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Musfiqon, H. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Bandung: PT. Prestasi Pustakaraya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 67. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57. (2013). Pedoman Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Depdiknas.

Roedavan, R. (2014). Unity Tutorial Game Engine. Bandung: Informatika.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., & Haryono, A. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Saputro, R. E., Saputra, D. I. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Tubuh Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Buana Informatika, 6(2), 153-162.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, M. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2012). Bandung: Citra Umbara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.