KEADILAN ORGANISASIONAL ,RENTANG KENDALI TERHADAP PERILAKU KEANGGOTAAN ORGANISASI ,KUALITAS HUBUNGAN PEMIMPIN DAN KARYAWAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Herman Ahmadi

Abstract


Banyak faktor yang ada dalam sebuah organisasi yang terlibat dan perlu diperhatikan. Faktor-faktor tersebut misalnya faktor keuangan, teknologi, sistem informasi, peralatan produksi, sumber daya alam, dan sumber daya manusia. Dalam suatu perusahaan atau organisasi, manusia merupakan asset yang berharga, Hubungan pemimpin dan karyawan ini dipandang sebagai faktor yang penting dalam membahas fenomena kepemimpinan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis berbagai faktor yang mempengaruhi keanggotaan organisasi (Oganizational citizenship Behavior,OCB) karyawan Bank BCA Regional Office Madiun,dan kualitas hubungan Pemimpin dan karyawan sebagai variabel yang memediasinya Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data bersumber dari data primer dan Data sekunder,dengan pengambilan sampel dengan tekhnik sampling jenuh atau sensus,kuisoner sebanyak 132 karyawan Bank BCA Regional Office Madiun,Tehnik analisa data dengan PLS Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini,Keadilan Organisasional berpengaruh signifikan terhadap kualitas hubungan pemimpin dan karyawan,Keadilan Organisasional berpengaruh signifikan terhadap perilaku keanggotaan Organisasional, Rentang kendali berpengaruh signifikan terhadap kualitas hubungan pemimpin,Rentang kendali berpengaruh signifikan terhadap perilaku keanggotaan Organisasional, Kualitas hubungan pemimpin dan karyawan berpengaruh signifikan terhadap perilaku keanggotaan Organisasional

Keywords


OCB; Keadilan organisasi; Span of control; Leader Member Exchange

Full Text:

PDF

References


Blau, P.M., 2004,Exchange and Power in Social Life. New York: John Wiley.P.567

Carlos, M.P. & Filipe,C., 2011,From personal values to creativity: evidence from front line service employees, European Journal of Marketing, 45(7/8), p. 1029–1050

Colquitt, J.A., 2001,On the dimensionality of organizational justice: Aconstruct validation of a measure, Journal of Applied Psychology, 86, p. 384-400.

Elovainio M, Leino-Arjas P, Vahtera J, Kivimäki M., 2005, Justice at work and cardio vascular mortality: aprospective cohort study, Journal Psychosomatic Reserch,Vol. 61: p. 271-274.

Gibson, Ivancevich, Donnelly, 1996, Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses, Bina Rupa Aksara, Jakarta.

Greenberg, J. and Baron, R.A., 2003, Behavior in Organizations. 9th ed. Pearson Prentice Hall.

Upper Saddle River, New Jersey. p.774

Harris, K.J., Andrews M.C., Kacmar K.M., 2007, The moderating effects of justice on the relationship between organizational politics and work place attitudes,Journal of Bussiness Psychology. P. 22:135-144.

Ishak, Noormala Amirand Alam, Syed Shah, 2009, The Effects of Leader-Member Exchange on Organizational Justice and Organizational Citizenship Behavior: Empirical Study European Journal of Social Sciences, Vol. 8,No. 2, p. 324-334

Jaya, Nenet Natasudian, 2015, Meningkatkan Perilaku Ekstra Peran Karyawan. Jurnal Gane Ç

Swara, Vol. 9 No.1 Maret 2015, h.163-166

Johnson,D. W., & Johnson,R.T., 2009, An educational psychology success story:Social interdependence theory and cooperative learning. Educational Researcher,38(5), p. 365-379.

Kurniawati, 2010, Pengaruh Leader-member Exchange pada Organizational Citizenship Behavior dengan Kepercayaan dan Dukungan Supervisor sebagai Variabel Pemediasi, Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta

Masterson, S.S., Lewis,K., Goldman,B.M., & Taylor, M.S., 2000, Integrating justice and social exchange: The differing effect soffair procedures and treatment on work relationships, Academy of Management Journal, 43, p.738-748.

Partina, Anna, 2015, Keterkaitan Ketidakamanan Kerja (Job Insecurity) Dengan Social Exchange Model, Jurnal Kinerja, Volume 16,No.1, Th.2012: Hal.13-28

Ping, FongSiu and Ho KaYue, 2010,Themediating Effects of Leader-Member Exchange (LMX) and Team-member exchange (TMX) on the relationship between emotional intelligence, job satisfaction and job performance of the employees. HongKong Baptist University.

Posdakoff, P. S. MacKenzie, B. Paine, & D. Bachrach, 2000, Organizational Citizenship Behavior: A critical review of the theoretical and empirical literature and suggestions for future research, Journal of Management, Vol. 26, No.3, p. 513-563.

Pratikna, Rizka Nugraha, 2015, Leader-Member Exchange Sebagai Pemoderator Dalam Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Persepsi Tentang Rasa Keadilan Organisasional, Jurnal Bina Ekonomi,Volume19


Refbacks

  • There are currently no refbacks.