PERSEPSI NASABAH TENTANG PRINSIP SYARIAH DAN PENERAPAN BAGI HASIL TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG PADA BANK MUAMALAT KANTOR CABANG MADIUN

Novita Erliana Sari, Yahya Reka Wirawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi nasabah tentang prinsip syariah dan penerapan bagi hasil bank Muamalat serta mengetahui pengaruhnya terhadap keputusan menabung pada bank Muamalat kantor cabang Madiun. Populasi dalam penelitian ini adalah semua nasabah produk tabungan bank Muamalat kantor cabang Madiun. Teknik sampling menggunakan probability sampling. Penelitian merupakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian dikembangkan dengan desain kausalitas dimana teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi nasabah tentang prinsip syariah berpengaruh terhadap keputusan menabung pada bank Muamalat kantor cabang Madiun. Penerapan bagi hasil berpengaruh terhadap keputusan menabung pada bank Muamalat kantor cabang Madiun. Serta persepsi nasabah tentang prinsip syariah dan penerapan bagi hasil seacara simultan berpengaruh terhadap keputusan menabung pada bank Muamalat kantor cabang Madiun. Dari kedua variabel independen tersebut, variabel penerapan bagi hasil dominan mempengaruhi keputusan nasabah untuk menabung pada bank Muamalat kantor cabang Madiun.

Keywords


Keputusan Menabung; Prinsip Syariah; Penerapan Bagi Hasil

Full Text:

PDF

References


Daulay, R. 2010. Analisis Pelayanan dan Bagi Hasil terhadap Keputusan Menabung Nasabah pada Bank Syariah di Kota Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 10, No. 01, April.

Eko.Y. 2011. Pengaruh Pengetahuan Konsumen Mengenai Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada PT. Bank Syariah Cabang Bandung. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, Volume 1 No. 01(https://www.mikroskil.ac.id/,diunduh tanggal 13 Mei 2016 pukul 09.15 WIB).

Faradiba dan Astuti Sri Rahayu Tri. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen. Jurnal DJOM (Online), Vol 2, No. 3, (http://ejournal-s1.undip.ac.id, Diunduh 31 Mei 2016).

Khasanah, Y., dan Gunawan, I. G. 2014. Pengaruh Sistem Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah Di Kota Cirebon (Penelitian Survei Terhadap Nasabah Bank Syariah Di Kota Cirebon). Jurnal Edunomic, Vol. 2 No.1 (https://download.portalgaruda.org/, diunduh tanggal 13 Mei 2013 pukul 11.02 WIB).

Kusumaramdhani, Agus dan Fatimah. 2015. Pengaruh Reputasi Merk dan Keadilan Bagi Hasil terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Mudharabah Bank X Syariah KCP Ciledug. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 14, No. 1, PP 87-94.

Al-Qardhawi, Yusuf. 2001. Bunga Bank Haram. Jakarta: Penerbit Akbar.

Abdi, A. 2014. Pengaruh Pengetahuan Konsumen Mengenai Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada PT Bank Syariah Mandiri Tbk Cabang Bondowoso. (https://dspace.unej.ac.id/, diunduh tanggal 01 Mei 2016pukul 19:30 WIB).

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmawan, D. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewi, N. Pengaruh Pengetahuan Produk Tabungan Dan Nisbah Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di BTM MENTARI Ngunut Tulungagung. (https://repo.iain-tulungagung.ac.id/, diunduh tanggal 13 Mei 2016 pukul 09.00 WIB).

Dewan Standar Akuntansi Keuangan Syariah. 2017. PSAK Syariah. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Fahmi, I. 2016. Teori dan Teknik Pengambilan Keputusan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Ghozali, I. 2013. Analisis Multivariat Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi.Semarang: Badan penerbits Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Machmud, A., dan Rukmana. 2010. Bank Syariah, Teori, Kebijakan, dan Studi Empirisdi Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Nurhayati, S., dan Wasilah. 2013. Akuntansi Syariah di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Priyatno, D. 2011.Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom.

Priyatno, D. 2013. Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Sugiyono. 2013. Metode Penellitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Metod). Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. 2011. Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Undang-Undang No.10 tahun 1998 tentang Perubahan Atas Undang-Undang No. 7 Tahun 1992 tentang Perbankan.

Undang-Undang No. 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah. Disahkan pada 16 Juli 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.