SELF-REGULATED LEARNING SEBAGAI MODERATOR DALAM IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK

Dahlia Novarianing Asri

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahuI: (1) perbedaan tingkat prokrastinasi akademik pada pembelajaran Matematika siswa SMP yang mendapat strategi pembelajaran berbasis proyek, (2) perbedaan tingkat prokrastinasi akademik siswa SMP yang memiliki self-regulated learning tinggi dan self-regulated learning rendah, dan (3) menguji interaksi strategi pembelajaran berbasis proyek dan self-regulated learning terhadap prokrastinasi akademikpada pembelajaran Matematika siswa SMP.Rancangan penelitian eksperimen yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala self-regulated learning dan skala prokrastinasi akademik. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan Anava dua jalur. Hasil analisis data menunjukkan: (1) ada perbedaan tingkat prokrastinasi akademik pada pembelajaran Matematika siswa SMP yang mendapat strategi pembelajaran berbasis proyek dan yang mendapat strategi pembelajaran konvensional, (2) ada perbedaan tingkat prokrastinasi akademik siswa SMP yang memiliki self-regulated learning tinggi dan self-regulated learning rendah, dan (3) ada pengaruh interaksi strategi pembelajaran berbasis proyek dan self-regulated learning terhadap prokrastinasi akademikpada pembelajaran Matematika siswa SMP.

Keywords


self-regulated learning; strategi pembelajaran berbasis proyek; prokrastinasi akademik

Full Text:

PDF

References


Alamaki, A. 1999. Current Trends in Technology Education in Finland. The Journal of Technology Studies. Available on: Digital Library and Archives.

Azwar, S. 2013. Penyusunan Skala Psikologi. Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bell, C.V., & Pape, S.J. 2014. Scaffolding the development of self-regulated learning in mathematics classrooms. Middle School Journal, 45 (4): 23-32.

Borg, W.R., & Gall, M.D. 2003. Educational Research: An Introduction. New York: Longman.

Clark, J.L. & Hill, O.W. 1994. Academic Procrastination among African-American Colleges Student. Psychological Reports, 75: 931-936

Fitzmaurice, M., & Donnely, R. 2005. Collaborative Project-Based Learning and Problem Based Learning in Higher Education: A Consideration of Tutor and Student Roles in Learner-focused Strategies. Dublin: Learning and Teaching Centre Dublin Institute of Technology.

Gravemeijer, K. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudental

Institute.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendikbud.

Lam, S., Cheng, R.W., & Ma, W.Y.K. 2009. Teacher and student intrinsic motivation in project-based learning. Instructional Science, 37: 565-578.

Meyer, D.K., Turner, J.C., & Spencer, C.A. 1997. Challenge in a mathematics classroom: Students’ motivation and strategies in project based learning. The Elementary School Journal, 97 (5): 501-521.

Nasir, M. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia.

Pais. 2009. Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang dengan Metode Penemuan di MTsN Kepanjen. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pintrich, P.R., Smith, D.A.F., Garcia, T., & McKeachie, W.J. 1991. A Manual for the Use of the Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Michigan: The University of Michigan.

Thomas, J.W. 2000. A Review of Project Based Learning. A Report prepared for The Autodesk Foundation. San Rafael, CA. (online). (http://www.bie.org/files/researchreviewPBL_1.pdf), diakses 13 Maret 2015.

Tuckman, B.W. 1991. The Development and Concurrent Validity of The Procrastination Scale. Educational and Psychological Measurement, 5: 473-480.

Zhao, K. & Zheng, Y. 2014. Chinese Business English Students’ Epistemological Beliefs, Self-Regulated Strategies, and Collaboration in Project-Based Learning. Asia-Pacific Education Research, 23(2): 273-286.

Zimmerman, B.J. 2000. Attaining Self-Regulation. In M. Boekaerts, P. R. Pintrich & M. Zeidner (Eds.). Handbook of Self-Regulation. San Diego, C.A: Academic Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.