RANCANG BANGUN BASIS DATA SURVEI KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN AKADEMIKDI UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Fatim Nugrahanti, Slamet Riyanto

Abstract


Universitas PGRI Madiun adalah salah institusi di kota Madiun yang mempunyai program studi Teknik Informatika dengan jurusan Strata Satu (S1) yang sudah berdiri sejak tahun 1996 dan telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nomor : 035/BAN-PT/Ak-XI/S1/I/2009. Universitas PGRI Madiun dituntut untuk meningkatkan mutu pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan yang unggul dalam mengintegrasikan keilmuan dengan nilai-nilai kebangsaan, dilandasi penyelenggaraan pendidikan yang selaras dengan prinsip good governance, terintegrasi dengan pembinaan kepribadian, dan pengembangan jaringan akademis.Oleh karena itu, diperlukan informasi berupa survei pengukuran kepuasaan mahasiswa dalam rangka pengembangan kualitas pelayanan yang terus menerus dan berkesinambungan. Dengan demikian adanya survey kepuasan atas pelayanan akademik terhadap mahasiswa khususnya dilingkup prodi teknik informatika dan umumnya pada prodi-prodi lain di Universitas PGRI Madiun. Metode yang digunakan dalan penelitian ini menggunakan metode Waterfall. Hasil survai pengukuran kepuasan mahasiswa dapat memberikan sumbangan pemikiran yang positif bagi Universitas PGRI Madiun khususnya di Fakultas Teknik Prodi Teknik Informatika dalam mewujudkan institusi yang kredibel dan dapat dipercaya.Survei terintegrasi ini merupakan bentuk survei yang dilakukan dengan cara elektronik offline localhost.

Keywords


Survei; Kepuasan mahasiswa; Pelayanan akademik

Full Text:

PDF

References


Alatas, H., Karyomanggolo, W.T., Musa, D.A., Budiarso, A., Oesman, I.N. 2008. Desain Penelitian. Dalam: Sastroasmoro, S., Ismael, S. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Klinis. Edisi 3. Jakarta: Sagung Seto.78 – 90.

Andrews, Dorine, Blair Nonnecke dan Jennifer Preece. 2003a. Electronic Survey Methodology: A Case Study in Reaching Hard to Involve Internet Users. International Journal of Human Computer Interaction. Vol. 16 (2).

____________. 2003b. Conducting Research on the Internet: Online Survey Design, Development and Implementation Guidelines. International Journal of Human-Computer Interaction. Vol. 16 (2).

Burhan, Bungin, 2009.Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Kencana.

D., H. Kalantari, E. Kalantari D. dan S. Maleki. 2011. E-Survey (surveys based on e-mail and web). Procedia Computer Science. Vol. 3.

Indrajani. 2011. Perancangan Basis Data All in 1. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Kadir, Abdul. 2010. Dasar Pemograman Web Dinamis Menggunakan Php. Yoyakarta: Andi Offset.

Kendall, Kenneth E, Kendall, Julie E. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem, Indeks, Jakarta

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, 2011, Metode Penelitian Survei (Editor), LP3ES, Jakarta.

Sommerville, Ian. 2011. Software Engineering (Rekayasa Perangkat. Lunak). Jakarta: Erlangga.

Sukamto , R.A dan M. Shalahuddin. 2011. Rekayasa Perangkat Lunak, menggunakan CodeIgniter & JQuery, Yogyakarta: Andi.

Yakub. 2012.Pengantar Sistem Informasi.Yogyakarta: Graha Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.