PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GERAKAN SHOLAT BERBASIS MULTIMEDIA PADA ANAK USIA DINI

Sekreningsih Nita, Hani Atun Mumtahana, Sri Anardani

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran gerakan sholat dengan teknologi multimedia pada anak usia dini di RA Al-Hadiid Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan metode modelling (demonstrasi) dan bentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus, siklus I sebanyak 2 kali pertemuan, siklus II sebanyak 3 kali pertemuan dan siklus III sebanyak 2 kali pertemuan. Pada akhir pertemuan dilakukan evaluasi untuk setiap anak dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar gerakan sholat dan doa-doanya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terciptanya suasana pembelajaran yang menarik, kondusif dan tidak membosankan serta adanya peningkatan kemampuan praktek sholat anak pada pra-siklus 40%, siklus I sebanyak 60%, siklus II 70 %, sedangkan pada siklus III meningkat menjadi 90%. Tujuannya agar konsep pembelajaran yang diterapkan disekolah bisa berjalan dengan lancar, karena ditunjang dengan SDM yang mumpuni, guru dapat mengembangkan semua aspek pembelajaran dengan teknologi informasi salah satunya berbasis multimedia.

Keywords


Metode Modelling; Praktek Sholat; Multimedia

Full Text:

PDF

References


Fadzilatunnisa I., Tresnawati D., 2015, Pengembangan Aplikasi Tata Cara Wuhu dan Shalat untuk anak menggunakan Sistem Multimedia, Issn : 2302-7339 Vol.12 no.1.

Hidayati, Erna. , 2012, Peningkatan Kemampan Sholat Anak Usia Dini melalui Metode Modelling di Kelompok A TK Aisyiyah Ba Bendo Nogosari Tahun Peljaran 2011/2012, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mulyani, W., 2011, Implementasi Komunikasi Verbal dan Non-verbal dalam proses menghafal Juz amma pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Bait Qur’any Ciputat, Skripsi, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Universitas Islam Negeri Syarfi Hidayatullah Jakarta.

Sudarmiyah, 2014, Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Shalat melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada siswa kelompok B Ram NU Ngadiharjo 2 Kec. Borobudur Kab. Magelang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogjakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.