Efektivitas konseling behavior teknik symbolic modeling untuk mengurangi perilaku bullying siswa

Bima Arbi Kusuma, Ibnu Mahmudi, Suharni Suharni

Abstract


Perilaku bullying ialah tindakan atau sebuah perilaku agresif yang dilakukan berulang – ulang serta dalam pelaksanaanya kurun waktu tertentu, terhadap korban yang tidak dapat mempertahankan dirinya sendiri.Tujuan penelitian ini adalah mengetahuiEfektivitas Konseling Behavior Teknik Symbolic Modeling Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa Kelas VIII Di MTS Negeri 10 Madiun.Kajian ini menggunakan teknik uji kuantitatif eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttest. Dengan sampel 21 dari hasil rumu solvin yang digunakan 6 dan Angket bullying digunakan untuk pengumpulan data. Uji Wilcoxon digunakan dalam metode analisis data. Temuan menunjukkan bahwa skor rata-rata posttest lebih besar dari skor rata-rata pada pretest.Berdasarkan hasil diatas, maka dapat disimpulkan layanan konseling kelompok behavior teknik symbolic modeling efektif untuk mengurangi perilaku bullying.

Abstract
Bullying behavior is an aggressive action or behavior that is carried out repeatedly and over a certain period of time, against a victim who cannot defend himself. The aim of this research is to determine the effectiveness of Group Counseling Behavioral Symbolic Modeling Techniques to Reduce Bullying Behavior for Class VIII Students at MTS Negeri 10 Madiun. This study uses experimental quantitative test techniques with a One Group Pretest-Posttest design. With a sample of 21, 6 results from the Solvin formula were used and a bullying questionnaire was used for data collection. The Wilcoxon test is used in the data analysis method. The findings show that the average score on the posttest is greater than the average score on the pretest. Based on the results above, it can be concluded that the behavioral group counseling service using symbolic modeling techniques is effective in reducing bullying behavior

Keywords


Bullying behavior, counseling behavior, symbolic modeling

Full Text:

PDF

References


Agisyaputri (2023) Identifikasi fenomena perilaku bullying pada remaja: JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi Volume 3 Nomor 1

Atmojo (2019). Peran Guru Dalam Mencegah Perilaku Bullying. Bahmada: Journal ilmu danteknologi kesehatan (E-Journal), 10(2),1.

Badura. A (1977). Social Learning Theory. USA: Prentice Hall.Inc

Corey, G. (2017). Theory and Practice Of Counseling and Psychotherapy. Boston USA: Cengage Learning.

Djunaedi, A., Tinggi, S., Kesehatan, I., Pesantren, H., Hasan, Z., & Java, E. (2020). RootsProgram Utility; Forming an Anti Bullying Prevention Agent in Madrasah. JurnalPendidikan Agama Islam, 07(01), 76–88

FSGI Soal Mayoritas Kasus Perundungan di Sekolah Terjadi di Jenjang SMP”, tempo.co., 4 Oktober 2023, Jakarta : Jurnal :Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development (IJSED) Vol. 1

Goodwin, D. (2010). Strategis To Deal Bullying (Strategi Mengatasi Bullying) . Alihbahasa: Cicilia Eva Graddiplsc., M.Psi. Wellington Australia: Kidsrearch Inc.

Herawati (2019) Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying pada Anak :NERS: Jurnal Keperawatan

Handayani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu

KPAI. (2017). Buku Panduan Pelayanan Bulying. Jakarta. KPAI

Mahmud, A. (2012). Mengenal Teknik-Teknik Bimbingan dan Konseling. Makassar: Penerbit Universitas Negeri Makassar

Miltenberg, R. (2016). Behavior Modification: Principles and Procedures. USA: Cengage Learning.

Sugiyono ( 2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahrum. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Cita Pustaka.

Usman, I. (2017). Teknik Modeling Simbolis Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis KKN.

Zahro (2023) Upaya Mengatasi Bullying/Perundungan Melalui Pendekatan REBT (Rational Emotive Behavior Therapy) Terhadap Siswa MTS Kaliwuji,desa3


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: