Keefektifan konseling kelompok teknik role playing untuk menurunkan perilaku perundungan siswa

Aini Meidi Rahmawati, Dahlia Novarianing Asri, Ratih Christiana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menurunkan perilaku perundungan yang terjadi pada siswa kelas X di SMAN 4 Madiun. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen desain one group pretest dan posttest. Populasi penelitian ini terdiri dari dari siswa kelas X-8 SMAN 4 Madiun yang berjumlah 35 siswa, sampel ditentukan menggunakan metode Random Sampling sehingga didapati 8 sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket perilaku perundungan. Hasil dari temuan data didapati bahwa perilaku perundungan siswa kelas X-8 SMAN 4 Madiun pada pre-test berjumlah 867 dan pada saat post-test turun menjadi 803. Hal ini membuktikan bahwa penerapan konseling kelompok dengan teknik role playing efektif dalam menurunkan perilaku perundungan pada siswa kelas X SMAN 4 Madiun.

Abstract
The purpose of this study is to reduce bullying behavior that occurs in class X students at SMAN 4 Madiun. This study uses a quantitative approach with one group pretest and posttest design experimental methods. The population of this study consisted of students in grades X-8 of SMAN 4 Madiun totaling 35 students, the sample was determined using the Random Sampling method so that 8 samples were found in this study. The data collection technique in this study uses a bullying behavior questionnaire. The results of the data findings found that the bullying behavior of students in grades X-8 of SMAN 4 Madiun in the pre-test amounted to 867 and at the time of the post-test dropped to 803. This proves that the application of group counseling with role playing techniques is effective in reducing bullying behavior in grade X students of SMAN 4 Madiun

Keywords


Bullying Behavior, Group Counseling, Role Playing

Full Text:

PDF

References


Achmad, S. S., & Alvi, R. R. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Perilaku Belajar Mahasiswa. 4(2), 148-159.

Afifah, A. Q. A., & Asni, A. (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa SMPN 103 Jakarta. Research and Development Journal of Education. 9(2), 714-721.

Ahiruddin, A., Rasyid H., R. D. (2023). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Pada Perilaku Korban Perundungan di SMK Negeri 1 Bogor. Journal on Education, 5 (2), 5095-5101.

Ani, E. & Reza, P. (2021). Pengaruh Konseling Behavior Menggunakan Teknik Role Playing Terhadap Sikap Tanggung Jawab Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Praya Barat. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan. 9(2).

Arista, N. B., & Wirastania, A (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Burnout Study Siswa. 8(2), 26-30.

Azzahra, A., & Qurrota, A. (2023). Eektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa SMPN 103 Jakarta. 9(2), 714-721.

Desti, B. P., & Luh, P. S. L. (2023). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengurangi Kecenderungan Perilaku Bullying Di SMP Negeri 02 Singaraja. Jurnal EDUCAITO: Jurnal Pendidikan Indonesia. 9(1), 469-472.

Dhea, F. A. (2024). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Dalam Mengatasi Perilaku Verbal Bullying Di Kelas X SMA Negeri 16 Bandar Lampung.

Jaspar Jas, Said Suhil Achmad, R. R. A. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Model Pembelajaran Role Playing Dalam Meningkatkan Perilaku Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Patologi Sosial. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. 4(2), 148-159.

Keswanto, E., Ismanto, H. S., & Dian, M. A. P. (2023). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Self-Management Untuk Mereduksi Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jepara. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 5, 1225-1230.

Ledita, E. M., & Rasimin, R. & Affan, Y. (2022). Dampak Perundungan (Bullying) Verbal Terhadap Empati Korban Pada Siswa SMPN 7 Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya. 12(1), 195-201.

Nifatus, B. A., & Aniek, W. (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Tehadap Burnout Study Siswa. Jurnal Fokus Konseling. 8(2), 26-30.

Pangaribuan, B., Putu, S, L., & Suranta, K. (2023) Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengurangi Kecenderunagan Perilaku Bullying Di SMP Negeri 02 Singaraja. Jurnal Educatio. 9(1). 469-472.

Payadbya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan penelitian Eksperimen Beserta Analisi dengan SPSS. Deepublish.

Rizal, R. S. (2021). Bentuk dan Faktor Perundungan Pada Siswa SMP. PSIKOBORNEO; Jurnal Ilmiah Psikologi. 9(10), 129-136.

Solikhin, B. (2021). Dampak Bullying Terhadap Kondisi Perkembangan Emosi Remaja Di Desa Kapuran Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo.

Wahyu, A., Ibnu, M., & Diana, A, T. (2023). Merubah Perilaku Perundungan Menggunakan Konseling Kelompok Teknik Self Talk Pada Siswa. SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA). 2(2), 850-858.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: