Penerapan layanan bimbingan kelompok metode roleplay untuk meningkatkan etika di sekolah pada siswa SMPN 7 Madiun

Kharisma Nur Septiani, Tyas Martika Anggriana, Tiorita Sormin

Abstract


Masa remaja sebagai masa pencarian jati diri, yang membuat remaja mudah terpengaruh dalam segala hal, salah satunya etika yang semakin memudar. Etika merupakan salah satu aspek penting yang mempengaruhi kesuksesan seseorang dalam berbagai bidang, termasuk di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan etika baik di sekolah pada siswa SMPN 7 Madiun melalui layanan bimbingan kelompok dengan metode roleplay. Dengan subyek penelitian 6 siswa kelas VIII SMPN 7 Madiun. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) untuk mencapai tujuan penelitian. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil analisis data diperoleh rata-rata prosentase etika baik di sekolah setelah pemberian tindakan pada siklus satu dan siklus dua mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa dengan penerapan layanan bimbingan kelompok dengan metode roleplay efektif untuk meningkatkan etika di sekolah pada siswa SMPN 7 Madiun.

Abstract
Adolescence is a period of searching for identity, which makes teenagers easily influenced by everything, one of which is that ethics is increasingly fading. Ethics is an important aspect that influences a person's success in various fields, including in the school environment. This research aims to improve good ethics at school for students at SMPN 7 Madiun through group guidance services using the roleplay method. With research subjects 6 class VIII students at SMPN 7 Madiun. This research is Guidance and Counseling Action Research (PTBK) to achieve research objectives. The research was carried out in 2 cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, action, observation and reflection. The results of data analysis showed that the average percentage of good ethics in schools after giving action in cycle one and cycle two had increased. This shows that implementing group guidance services using the roleplay method is effective in improving school ethics for students at SMPN 7 Madiun

Keywords


Ethics, Group Guidance, Role-play

Full Text:

PDF

References


Amelia, C. (2021). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan, 2(2), 126–134.

Djuwita, P. (2017). Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui

Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Nomor 45 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 27– 36.

Fatimah, D. (2015). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1), 23–29.

Fitriani, E., & Zulfikar, E. (2018). Manfaat Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Etika Komunikasi Siswa. Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 1(2), 67–72. https://doi.org/https//doi.org/10.30596/bibliocouns.v1i2.2081

Harahap, R. (2023). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Roleplaying Terhadap Etika Siswa Kepada Guru Di Kelas VIII UPT SMP Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Doctoral dissertation, UNIMED.

Hartanti, J. (2022). Bimbingan Kelompok.

Linggawati, D. P. (2017). Pengaruh Role Playing dalam Bimbingan Kelompok terhadap Etika Komunikasi Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Jatipurno Tahun Pelajaran 2016/2017. MEDI KONS: Jurnal Prodi Bimbingan Dan Konseling UNISRI Surakarta, 3(1).

Mayasari, D., Hindayati, S. M., Wulandari, F. D., Sulistyowati, E., & Laily, F. R. (2020). Meningkatkan Rasa Empati Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Bermain Peran (Role Playing) Siswa Kelas XI TKJ 3 Di SMK Negeri 1 Pacitan Tahun Pelajaran 2020/2021. HELPER: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 37(2), 17–24.

Nuraini, H. (2019). Upaya guru BK meningkatkan etika pergaulan siswa dengan teknik Sosiodrama di SMP PAB 2 Helvetia. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Prihatmojo, A., & Badawi. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 142– 152.

Putra, R., & Junaedi. (2023). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Etika Komunikasi Remaja Putus Sekolah Di Jorong Sungai Rotan Nagari Batu Taba Kabupaten Agam.

KOLONI, 2(3), 82–96. https://doi.org/10.31004/koloni.v2i3.511

Rama, Sultani, & Anisah, L. (2019). Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk

Meningkatkan Etika Pergaulan Di Sekolah Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Martapura. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 5(2), 91–94.

Riza, M. B. (2020). Upaya Peningkatan Konsep Diri Positif Peserta Disik Kelas XII SMA Nahdatul Ulama 1 Gresik Melalui Forgiveness Therapy. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 1(1), 81–92.

Suryani, L. (2017). Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(1), 112–124.

Syarif, K., & Hasibuan, M. L. (2014). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok

Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2013 / 2014. International Counseling Conference and Work.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: