Penggunaan Media Permainan Ular Tangga dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Pemahaman Diri Siswa

Dicky Nur Haryanto, Silvia Yula Wardani, Nunung Lusiana Margawati

Abstract


Pemahaman diri sangat penting dalam pertumbuhan pribadi, terutama bagi remaja di sekolah. Memahami potensi diri memerlukan pengenalan akan diri sendiri. Siswa yang kurang memahami diri cenderung tidak menyadari aspek unik tentang diri mereka, identitas mereka, atau apa yang membuat mereka berbeda dari orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman diri siswa melalui penggunaan permainan ular tangga dalam sesi bimbingan kelompok. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 4 Madiun Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 6 siswa. Hasil penelitian menunjukan peningkatan nilai skor yang signifikan dengan hasil  rata-rata skor pre-test sebesar 59.8. Setelah diberikan tindakan layanan bimbingan kelompok hasil rata-rata skor post test menunjukan siklus I sebesar 70.2 dan siklus II sebesar 85.2. Hal menunjukkan bahwa penggunaan media permainan ular tangga dalam layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan pemahaman diri siswa kelas VII F di SMP Negeri 4 Madiun.

Abstract
Self-understanding is crucial for personal growth, especially for teenagers in school. Understanding one's potential requires self-awareness. Students who lack self-understanding tend not to recognize unique aspects of themselves, their identities, or what sets them apart from others. This research aims to enhance students' self-understanding through the use of a snakes and ladders game in group counseling sessions. The method employed is Action Research in Guidance and Counseling (PTBK), conducted in two cycles. The research subjects were 6 students from class VII F of SMP Negeri 4 Madiun in the academic year 2023/2024. The study results indicate a significant increase in scores, with an average pre-test score of 59.8. After implementing the group counseling sessions, the average post-test scores were 70.2 in cycle I and 85.2 in cycle II. This demonstrates that using the snakes and ladders game in group counseling sessions can improve self-understanding among students in class VII F at SMP Negeri 4 Madiun.

Keywords


Self-understanding, Group guidance, Snakes and Ladders game

Full Text:

PDF

References


Ariessanti, H. D., Purwaningtyas, D. A., Soeparno, H., & Alam, T. (2020). Adaptasi Strategi Gamifikasi Dalam Permainan Ular Tangga Online Sebagai Media Edukasi Covid-19. e-Jurnal JUSITI (Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi), 9(2), 174–187.

Astuti, D., Wasidi, & Sinthia, R. (2019). ISSN 2599-1221 (Cetak) ISSN 2620-5343 (Online) https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia. jurnal Consilia, 2(1), 66–74.

Azam, U. (2016). Bimbingan dan Konseling Perkembangan Disekolah. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Fadillah, P., & Hayati, S. A. (2024). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Ular Tangga Untuk Mencegah Sexual Harassment Di Sekolah SMPN 5 Banjarmasin. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(2), 69–76.

Friedman, H. S.& Schustack, M. W. (2008). Kepribadian Teori Klasik dan Riset Modern Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Hakim. (2002). Hubungan Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Hidayat, Dede Rahmat dan Badrujaman, A. (2012). Penelitian Tindakan dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.

Hurlock, E. (1997). Psikologi Perkembangan:Susatu Pengantar Sepanjang Rentangan Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Ijaji, R., & Nurwahidin, M. (2023). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Pemahaman Diri Bagi Siswa Kelas X SMAN 5 Bandar Lampung Use Of Discussion Technique Group Guidance Services To Improve Self Understanding For Class X Students Of Sman 5 Bandar Lampung, 30–39.

Kadafi, A., Wiyono, B. B., Muslihati, M., & Ramli, M. (2021). Improving prosocial behavior through virtual media based on religious values in elementary school students. Pegem Ogitim ve Ogretim Dergisi, 11(4), 230–236. Retrieved from https://www.pegegog.net/index.php/pegegog/article/view/1445

Lindenfiel, G. (1997). Pedoman Orang Tua Mendidik Anak Agar Percaya Diri. Jakarta: Arcan.

Maulana, M. A., & Hidayati, A. (2016). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Univet Bantara Sukoharjo Angkatan Tahun 2015/2016. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 67–72.

Nurkholis. (2015). Upaya Meningkatkan Pemahaman Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Pemahaman Ular Tangga pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Semarang Ajaran Tahun 2015/2016. Fakultas Ilmu Pendidikan. Semarang : UNNES.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suryani, O. I., & Gunawan, I. M. (2018). Hubungan Pemahaman Diri dengan Sikap Percaya Diri Pada Siswa Kelas VIII SMPN 7 Woja. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 4(2).

Tadjri, I. (2010). Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Semarang: Widya Karya.

Zahiroh, D. N. (2021). Penggunaan Teknik Sosiodrama dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Pemahaman Diri Siswa SMA. PD ABKIN JATIM Open Journal System, (2010), 56–61.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: